Sabtu, 01 Oktober 2022 08:55 WIB

Daerah

Hadiri Pengukuhan Dewan Adat Dayak Samarinda, Andi Harun Ajak Jadi Mitra Pemerintah

Redaktur: Rahmadani

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, saat menghadiri pengukuhan Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Samarinda, Sabtu, 6 Agustus 2022 di Ballroom Hotel Midtown Samarinda. (Jeri Rahmadani/Afiliasi.net).

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda, Andi Harun, menghadiri pengukuhan pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Samarinda masa bakti 2022-2027 pada Sabtu, 6 Agustus 2022. 

Dalam kegiatan yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Midtown Samarinda itu, Andi Harun mengucapkan selamat atas dikukuhkannya seluruh jajaran pengurus DAD Samarinda periode 2022-2027 yang kini resmi dinahkodai oleh Hendrik Tandoh selaku ketua umum. 

Dalam sambutannya, Andi Harun mengungkapkan, kehadiran DAD Samarinda diharapkan dapat mendukung program pemerintah dalam rangka pembangunan daerah. Khususnya dalam menghadapi pemindahan ibu kota negara (IKN) Nusantara ke Kalimantan Timur (Kaltim). 

"Seperti yang telah dibacakan dalam naskah pelantikan tadi, DAD Samarinda bersedia menjadi mitra pemerintah dan bersiap mendukung program pemerintah. Kami harapkan DAD Samarinda terus mendukung program pemerintah, karena dipastikan selalu berorientasi pada kepentingan rakyat," ucap Andi Harun. 

Ia melanjutkan, saat ini telah ada Forum Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (Fordamai) Samarinda sebagai wadah partisipasi masyarakat, termasuk bagi masyarakat adat. 

Dari organisasi yang dideklarasikan pada 16 Juli 2022 lalu tersebut, sebut Andi Harun, DAD Samarinda dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah. 

"Fordamai hadir agar memperkuat basis sosial untuk IKN. Dibentuk oleh Bais, TNI, Satgas, hingga Kodam Mulawarman yang diperuntukan sebagai dukungan, sekaligus kerja sama untuk pembangunan IKN di Kaltim," imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua DAD Samarinda periode 2022-2027, Hendrik Tandoh menyebut peran masyarakat adat diharapkan turut mendapat perhatian pemerintah dalam pembangunan IKN. 

"Saya selaku ketua dewan adat berharap agar potensi yang ada di masyarakat Dayak khususnya, itu dilibatkan dalam pembangunan IKN. Mungkin melalui Budaya atau lainnya. Atau juga di Badan Otorita, kami punya orang-orang berkualitas," sebut Hendrik Tandoh. 

Hendrik sendiri menyatakan telah menjadi Wakil Sekretaris Fordamai IKN Samarinda. Ia menegaskan, melalui wadah tersebut pihaknya siap untuk bersinergi bersama pemerintah dalam melaksanakan pembangunan. 

"Kita bersyukur dengan adanya Fordamai dapat menjadi wadah. Dan kita siap bersinergi untuk saling membantu," pungkasnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dewan-adat-dayak-samarinda #andi-harun #hendrik-tandoh #samarinda 

Berita Terkait

IKLAN