Kamis, 25 April 2024 09:36 WIB

Daerah

Puncak Peringatan HKGN Tahun Ini, 32.225 Siswa SD dan TK di Kaltim Gelar Sikat Gigi Bersama

Redaktur: Rahmadani
| 988 views

Gubernur Kaltim Isran Noor (ketiga dari kanan), bersama Wali Kota Samarinda, Andi Harun (dua dari kanan) saat menghadiri peringatan HKGN 2022 do SDN 008, Jalan Awang Long, Pasar Pagi, Samarinda Kota, Senin, 12 September 2022. (Jeri/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Sebanyak 32.225 siswa-siswi di Kalimantan Timur melakukan sikat gigi bersama dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) pada Senin, 12 September 2022, pagi tadi. 

Gubernur Kaltim Isran Noor mengaku bangga atas terselenggaranya kegiatan yang dilaksanakan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kaltim ini. 

Menurut Isran, dalam melangsungkan kegiatan pendidikan, pembangunan sumber daya manusia (SDM) turut menjadi hal penting. Termasuk dalam upaya menjaga kesehatan, dan satu di antaranya adalah menjaga kesehatan mulut dan gigi. 

"Jadi, anak-anak ku semua, kalian harus sehat. Berikan contoh kepada tetangga dan kawan-kawan. Sebab kalau gigi tidak bersih, berlubang, kurang bagus, ada bakteri gigi," cetus Isran saat menyampaikan sambutan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 008 Jalan Awang Long, Pasar Pagi, Samarinda Kota, Senin, 12 September 2022. 

Diketahui, peringatan HKGN 2022 dilakukan PDGI Kaltim berkolaborasi dengan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022. Menjadikan SDN 008 di Jalan Awang Long, Kota Samarinda, sebagai tuan rumah sekolah binaan HKGN di Kaltim. 

Adapun gerakan sikat gigi bersama memperingati HKGN dilaksanakan di seluruh Indonesia yang dikoordinir masing-masing cabang PDGI. 

Ketua PDGI Kaltim Deasy Evriyani menuturkan, gerakan sikat gigi bersama di Kaltim dilakukan serentak di seluruh kabupaten/kota. Diikuti siswa-siswi mulai dari jenjang SD dan Taman Kanak-kanak (TK). 

Mulai dari Samarinda diikuti 4.275 siswa, Balikpapan 7.519 siswa, Bontang 2.043 siswa, Berau 1.841, Kutai Kartanegara 1.800 siswa, Kutai Timur 9.254 siswa, Kutai Barat 1.996 siswa, Paser 1.793 siswa dan Penajam Paser Utara (PPU) 1.734 siswa. 

"Adapun HKGN dirayakan setiap tanggal 12 September setiap tahunnya. Kami mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada sekolah yang menjadi lokus kegiatan ini," ucapnya dalam sambutan. 

Turut menambahkan, Wali Kota Samarinda Andi Harun menuturkan, di Samarinda sendiri ada 4.275 siswa berasal dari 15 SD yang ikut berpartisipasi sikat gigi bersama dalam rangka HKGN. 

"Pesan saya kita harus rajin gosok gigi minimal dua kali sehari, khususnya kepada anak-anak sekolah dan kita semua agar kesehatan gigi tetap terjaga," ucap Andi Harun. 

Adapun piagam penghargaan yang diberikan kepada Pemkot Samarinda melalui SDN 008 di Kelurahan Pasar Pagi, Kecamatan Samarinda Kota, ini berupa piagam binaan HKGN 2022 dengan tema 'pulih bersama dengan senyum sehat Indonesia.' Andi Harun menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. 

"Saya ucapkan terima terima kasih," pungaksnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #hkgn #pemprov-kaltim #pdgi-kaltim #isran-noor #andi-harun 

Berita Terkait

IKLAN