Kamis, 25 April 2024 07:57 WIB

Daerah

Temukan Praktik Uji Kir Palsu, Pemkot Samarinda Laporkan ke Polisi

Redaktur: Rahmadani
| 753 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, saat meluncurkan program uji kir online. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Pemkot Samarinda menemukan adanya layanan uji kir palsu yang dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab. Akibatnya, laporan akan diteruskan ke pihak kepolisian untuk mengejar pelaku. 

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Samarinda, Andi Harun, saat jumpa pers bersama awak media pada Rabu, 14 September 2022, kemarin, di Balai Kota. 

Uji kir atau uji berkala kendaraan salah satunya diperuntukan bagi sopir angkutan barang dan jasa menerbitkan kartu kendali (Fuel Card) guna mengisi bahan bakar minyak (BBM). 

"Sudah ada temuan terkait kir palsu. Saya sudah memberi arahan agar Dinas Perhubungan Samarinda melaporkan temuan kir palsu itu ke Polresta Samarinda," kata Andi Harun. 

Dari informasi yang ia dapat, dalam proses temuan KIR palsu itu, sopir dari pemilik kendaraan sempat melarikan diri. Namun, pihak terkait sudah mendapatkan registrasi nomor kendaraan. 

"Sopirnya lari. Tetapi nomor polisi (kendaraan) diidentifikasi," jelas Andi Harun. 

Akan hal tersebut, laporan ke pihak kepolisian ini ditegaskan Andi Harun dilakukan untuk memberi efek jera. Pasalnya, uji kir sendiri sempat menjadi keluhan para sopir truk saat menggelar demonstrasi beberapa waktu lalu di Balai Kota. 

"Untuk efek jera. Mereka gunakan KIR palsu itu untuk dapatkan kartu fuelcard mengisi BBM," pungkasnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #uji-kir-palsu #andi-harun #pemkot-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN