Senin, 06 Februari 2023 12:00 WIB

Advetorial

Pemkot Samarinda Bakal Perbaiki Dermaga Pasar Pagi, Bakal Jadi Pusat Parkir di Tepian Mahakam dan Optimalkan PAD

Redaktur: Rahmadani

Wali Kota Samarinda, Andi Harun. (Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Pemerintah Kota Samarinda menggelar rapat terkait pengelolaan parkir dan perbaikan pagar Dermaga Pasar Pagi beserta sub terminalnya pada Selasa, 11 Oktober 2022 di Balai Kota. 

Rencananya, lokasi dermaga yang persis di depan Pasar Pagi Jalan Gajah Mada, Kelurahan Jawa, itu akan menjadi satu-satunya pusat titik parkir di kawasan Tepian Mahakam. Hal ini sekaligus upaya pemkot meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui penerapan e-Parking. 

Kepada awak media, Wali Kota Samarinda Andi Harun menuturkan, rencana perbaikan sarana dan prasarana hingga optimalisasi PAD dari sektor parkir di Dermaga Pasar Pagi tersebut masih tahap awal. 

Yang jelas, sebut Andi Harun, penataan parkir dan perbaikan dermaga menyatu dengan rencana Pemkot Samarinda menata kawasan Tepian Mahakam secara keseluruhan, mulai dari titik pelabuhan hingga jembatan kembar Mahakam. 

"Mereka (Dishub) ingin memperbaiki kawasan parkir di pelabuhan eksisting sekarang ini. Itu kan aspalnya rusak, pagarnya rusak, saya minta mereka menyesuaikan dengan masterplan rencana penataan tepian mahakam secara keseluruhan, tidak boleh bertentangan," papar Andi Harun. 

Kepala Dishub Samarinda, Hotmarulitua Manalu menjelaskan, rencana perbaikan dermaga yang disinkronisasi dengan masterplan penataan Tepian Mahakam ini akan menjadi kegiatan prioritas pemkot pada 2023 mendatang. 

Ia menyebut, kawasan itu nantinya diharapkan menjadi satu-satunya pusat titik parkir di kawasan Tepian Mahakam. Sementara realisasi perbaikannya akan dilakukan bertahap pada 2023 nanti. 

"Jadi dermaga, pelabuhan curah maupun sub terminal Pasar yang menjadi rencana pembangunan pemkot 2023 nanti, pada dermaga itu kami masih diskusikan apakah menjadi lahan parkir terpusat," jelas Manalu, menambahkan. 

"Sementara untuk maksimalisasi untuk PAD akan kami bahas lagi pada rapat berikutnya. Karena ini bukan termasuk wilayah yang menjadi titik e-Parking," tandasnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dermaga-pasar-pagi #andi-harun #pemkot-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN