Kamis, 28 Maret 2024 08:39 WIB

Advetorial

Porprov Ke-VII Kaltim Berau Dinilai Kurang Siap, Ratusan Atlet Samarinda Dikhawatirkan Terlantar

Redaktur: Rahmadani
| 793 views

Kepala Disporapar Samarinda, Muslimin. (Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net – Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Samarinda, Muslimin, mengkhawatirkan ribuan atlet asal Samarinda terlantar pada pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim ke-VII di Kabupaten Berau.

Bukan tanpa alasan, diungkapkan Muslimin, kesiapan panitia Porprov di Berau dinilai masih begitu minim. Khususnya pada fasilitas sarana dan prasarana untuk para atlet. Padahal,  jadwal Porprov sudah akan dihelat sebulan lagi, yakni pada tanggal 12-23 November mendatang.

“Yang jadi masalah itu kontingen kita (Samarinda) ada 1.300 orang. Dan Kota Samarinda hanya dapat 50 kamar hotel yang cuma bisa mengakomodir 150 orang. Sedangkan sisanya masih ada 1.000 lebih itu mau dikemanakan?,” papar Muslimin kepada awak media, Selasa, 18 Oktober 2022.

Selain kesiapan fasilitas hotel, Muslimin sebutkan banyak fasilitas penunjang Porprov VII Berau lainnya yang masih belum disiapkan panitia Porprov. Hal ini diketahui setelah tim Disporapar Samarinda melakukan kunjungan pekan lalu, bertujuan memastikan kenyamanan dan fasilitas bagi para atlet asal Kota Tepian yang akan berlaga.

 “Bahkan umbul-umbul dan sepanduk Porpov hanya terlihat di sekitar sekretariatan di sana. Kami melihat ini tidak siap. Kalau terjadi pertandingan itu terkesan dipaksakan. Terlebih di (Kecamatan) Biduk-biduk, lapangan voli pantainya masih berbentuk rumput,” beber Muslimin.

Akan hal tersebut, Kadisporapar Samairnda ini meragukan kesiapan panitia pelaksana Porprov VII Berau.

“Itu hasil analisa dan kunjungan kami datang ke Berau (Biduk-biduk dan Maratua). Itu belum lagi masalah teknis lainnya dan ditambah exodus atlet luar (daerah lainnya) dan itu akan jadi masalah pula,” tegasnya.

Selain Samarinda, lanjut dikatakan Muslimin, jika seluruh kontingen yang akan bertanding ditotal maka jumlahnya akan mencapai 10.000 orang. Dengan begitu akan ada puluhan ribu orang  yang bertandang ke Kabupaten Berau.

Masalahnya, kata Muslimin, selain minimnya fasilitas penunjang serta sarana dan prasarana pertandingan, persoalan lainnya adalah akses keberengkatan menuju kabupaten di utara Kaltim itu.

“Pesawat (dari Samarinda) yang ada cuman WingsAir dengan kapasitas 60 set (kursi penumpang), ada yang besar dari Balikpapan tapi itu cuman sekali berangkat dalm sehari. Otomatis akan ada ratusan bus kontingen yang berangkat ke Berau dengan waktu yang hampir bersamaan. Iya kalau jalanan mulus? Belum lagi sekarang cuaca hujan. Kalau mogok satu, bayangkan aja semua pasti mogok dan jadi seperti apa pertandingan di Berau,” bebernya.

Dengan kondisi demikian, Muslimin mengusulkan agar pelaksanaan empat cabang olahraga (Cabor) pelaksanaannya bisa dipindahkan ke kabupaten/kota yang jauh lebih siap. Seperti Kota Samarinda atau Balikpapan.

“Jadi tuannya rumahnya itu tetap di Berau, tapi pelaksanaan empat cabor yang fasilitasnya belum siap dipindahkan ke kota seperti Samarinda atau Balikpapan yang sudah memiliki sarana dan prasarana yang jauh lebih siap,” tekannya.

Meski demikian, diakhir Muslimin menambahkan kalau pelaksanaan Porprov VII Berau tetapa akan berlangsung sesuai jadwal maka kontingen Samarinda akan tetap berangkat dengan segala risiko.

“Kita terpaksa berangkat dengan kondisi apapun. Tapi saya yakin kalau nanti pertandingan akan berjalan dengan kondisi yang  tidak maksimal. Kami besok rapat di Koni Kaltim, membahas kesiapan panitia. Kalau pun bisa diundur alangkah lebih baiknya dijadwalkan ulang pada 2023 mendatang,” pungkasnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #porprov-kaltim #muslimin #disporapar-samarinda #pemkot-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler