Sabtu, 27 April 2024 09:31 WIB

Advetorial

Jadikan Palaran Kota Satelit, Pemkot Samarinda “Sangu” Sejumlah Usulan Sebelum Penuhi Undangan Kemendagri

Redaktur: Redaksi
| 483 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Wali Kota Samarinda, Andi Harun, telah menyiapkan sejumlah usulan jelang pemenuhan undangan dirinya ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI pada 17 Februari 2023 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan orang nomor satu di Samarinda itu usai menggelar rapat internal di Balai Kota, pada Selasa (14/2/2023). Pertemuan ini disebutkan Andi Harun dalam rangka Kota Samarinda sebagai daerah penyangga sekaligus jantung Ibu Kota Nusantara (IKN) yang tengah berproses pindah ke Kalimantan Timur (Kaltim), tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Andi Harun mengatakan, undangan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk mendiskusikan kawasan yang menyokong IKN nantinya. Di antaranya membahas tentang Kota Samarinda sebagai pusat pengembangan energi terbarukan dan menjadikan Kecamatan Palaran sebagai Kota Satelit.

"Kita harus memiliki usulan sebelum bertemu dengan nasional," ungkapnya kepada awak media.

Andi Harun melanjutkan, usulan yang dibahas tentang perubahan Kota Samarinda yang bercita-cita memakai gasifikasi. Diharapkan, seluruh pelayanan energi gas rumah tangga, usaha, restoran tidak bertumpu lagi pada gas LPG. Namun dirubah menjadi stasiun-stasiun pengisian gas.

"Rencana pengoperasiannya akan sama seperti PDAM. Ini sebagai bentuk pengokohan Samarinda sebagai kawasan penyokong IKN," tegasnya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim itu menambahkan, hal ini juga sekaligus bentuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, agar tidak bergantung pada tenaga fosil.

Pemkot disebut oleh Andi Harun sedang fokus mendukung pengembangan motor listrik dan mobil listrik, demi meminimalisir emisi karbon di Kota Tepian.

Andi Harun sebutkan, fokus pemerintah pada tenaga listrik, maka akan mengurangi emosi karbon, begitupun Samarinda dengan metode gasifikasi akan mengurangi emisi gas, perihal keamanan pemkot akan menseriusi dengan memberikan kepada tenaga ahli

"Di Makroman sudah ada gasifikasi, jd saya yakin keamanan pasti sangat diperhatikan," pungkasnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #andi-harun #pemkot-samarinda #palaran-kota-satelit #ikn #kemendagri-ri 

Berita Terkait

IKLAN