Jumat, 29 Maret 2024 03:17 WIB

Advetorial

Pemkot Samarinda Lewat Perumdam Tirta Kencana Bakal Gratiskan Air Bagi Warga Menengah Bawah

Redaktur: Redaksi
| 620 views

Wali Kota Samarinda Andi Harun saat menerima kunjungan Dewan Pengawas dan Direksi Perumda Tirta Kencana Samarinda di Ruang Prioritas Anjungan Karamumus, Balai Kota, pada Selasa (21/2/2023).

Samarinda, Afiliasi.net – Perusahaan Umum Daerah (Perumdam) Tirta Kencana Kota Samarinda dalam waktu dekat ini akan melakukan pemetaan wilayah pipa air sekaligus meluncurkan program air bersih gratis bagi warga menengah ke bawah hingga kategori miskin ekstrim.

Sejumlah perumahan disorot untuk dilakukan uji coba pemakaian digital water maker atau smart water meter. Demikian pula regulasi terkait penyediaan air bersih tersebut.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Samarinda Andi Harun usai menerima kunjungan Dewan Pengawas dan Direksi Perumda Tirta Kencana Samarinda di Ruang Anjungan Karamumus, Balai Kota, pada Selasa (21/2/2023).

Andi Harun menjelaskan, beberapa perumahan yang akan dilakukan pemetaan wilayah di antaranya adalah perumahan Vila Tamara, Grand Taman Sari, Citra Land dan beberapa perumahan lainnya.

"Perumahan dahulu yang kita sasar, karena lebih mudah," ungkapnya kepada awak media.

Lanjut dijelaskan Andi Harun, Perumdam akan melakukan penurunan Non Revenue Water (NRW) atau jumlah pemakaian air secara tidak resmi dengan melakukan pemasangan 12 District Meter Area (DMA). Perkiraan proyek ini akan menghabiskan dana sekitar Rp 4 miliar, menggunakan anggaran Perumdam Tirta Kencana sendiri.

"Satu alat sekitar Rp 400 juta sampai Rp 500 juta," jelas Andi Harun.

Ia melanjutkan, pemkot saat ini juga tengah mendorong Perumdam dalam penanggulangan kemiskinan dengan cara menggratiskan 10 kubik air kepada keluarga miskin, serta 20 kubik air untuk keluarga miskin ekstrim.

Sebagai tahap awal, Perumdam Tirta Kencana akan melakukan validasi data kemiskinan dengan berkolaborasi bersama Dinas Sosial Kota Samarinda.

"Anggarannya dari Perumdam langsung, nah ini dasarnya sedang kita godok Perwali program gratis air untuk keluarga miskin," paparnya.

Lebih lanjut, Andu Harun memaparkan bahwa Perumdam juga akan membangun Command Center dan peluncuran aplikasi "Layar" (Layanan Bayar) untuk melakukan pembayaran. Command Center akan dibangun di Perumdam untuk melakukan kontrol jaringan air dan peta distribusi air se-Kota Samarinda.

"Untuk aplikasi sudah bisa di download dan sedang dilakukan uji coba," ungkapnya

Selanjutnya, seluruh program yang dijabarkan pada pertemuan Perumdam akan diluncurkan pada tanggal 13 Maret 2023 mendatang.

"Semuanya akan kita launching tanggal 13 Maret," pungkasnya. (*)

 

Editor : Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #andi-harun #pemkot-samarinda #perumdam-tirta-kencana-samarinda #air-bersih-gratis 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler