Rabu, 24 April 2024 12:33 WIB

Advetorial

Realisasi Pendapatan Kota Samarinda Tertinggi se-Nasional, Wali Kota Andi Harun Bawa Pulang APBD Award 2023

Redaktur: Redaksi
| 858 views

Wali Kota Samarinda Andi Harun menerima APBD Award 2023 (Tangkapan layar: YouTube/KemendagriRI)

Samarinda, Afiliasi.net - Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda berhasil meraih penghargaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Award pada kategori realisasi pendapatan tingkatan Kota se-Indonesia. Penghargaan diserahkan langsung oleh Dirjen Bina Keuangan Daerah, Agus Fatoni kepada Wali Kota Samarinda, Andi Harun pada Kamis, 16 Maret 2023.

Sebelumnya, Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo saat sambutan memaparkan trenn 3 bulan terakhir presentase realisasi pendapatan APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota  se-Indonesia Tahun 2021/2022.

"Realisasi pendapatan rata-rata kota 96,27% atau Rp 150,89 Triliun. Bila dibandingkan dengan data year on year dengan 31 Desember 2021, rata-rata kota 94,17% atau Rp 139,82 triliun, lebih tinggi 2,10%," urai Wamendagri John Wempi.

Realisasi APBD disebut dia juga sangat berperan penting dalam penanganan inflasi, stunting dan kemiskinan ekstrem. Termasuk persiapan Pemilu serentak di tahun 204, mendatang.

Selain Samarinda terdapat beberapa Kota yang juga mendapatkan penghargaan, pertama Kota Samarinda, Kedua Kota BanjarBaru, Ketiga Kota Bontang, Keempat Kota Mojokerto dan terakhir Kota Denpasar.

Realisasi pendapatan Samarinda yang pada tahun 2022 lalu mencapai 121% atau Rp 717 miliar juga tak lepas dari sederet kebijakan Wali Kota Andi Harun sebagai orang nomor satu di Samarinda. Apalagi, upaya penanganan inflasi yang dilakukan oleh pemkot selama ini juga mendapat respons positif dari pemerintah pusat.

Kota Samarinda melampaui targetnya yang pada tahun 2020 mendapatkan PAD sebesar Rp 380 miliar namun pada tahun 2022 ditargetkan mendapatkan Rp 600 milliar, pada kenyataannya sangat melampaui target karena pada tahun 2022 Kota Samarinda mendapatkan penyerapan PAD diangka Rp 717 miliar.

"Penilaian (pemberian penghargaan) didasarkan dari perhitungan laporan realisasi anggaran (LRA). Kemudian dari LRA, dibentuk tim yang akhirnya memutuskan masing-masing penerima penghargaan pada hari ini," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni dikutip dari media Pojoknegeri.com

Ia berterima kasih kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang senantiasa mendukung berbagai upaya pemerintah dalam mempercepat realisasi APBD.

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #andi-harun #pemkot-samarinda #apbd-award-2023 

Berita Terkait

IKLAN