Jumat, 17 Mei 2024 02:07 WIB

Advetorial

Muhammad Samsun Harapkan Pemprov Kaltim Tak Lagi Bergantung Energi Batubara dan Mineral

Redaktur: Redaksi
| 162 views

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun, meminta agar Pemprov Kaltim dewasa ini tak harus bergantung dengan batubara dan mineral sebagai penopang perekonomian di Kaltim.

Ia mengatakan, sektor lainnya seperti pariwisata, pertanian, dan jasa turut berpotensi dikembangkan lebih jauh di Bumi Mulawarman ini.

Diketahui, peningkatan harga batubara pada 2022 ini membuat ekonomi Kaltim meningkat sebesar 4,48 persen dibandingkan tahun sebelumnya, yakni sebesar 2,55 persen.

Samsun sapaan politisi asal PDI-Perjuangan itu mengakui, sektor batubara dan mineral masih akan terus mendominasi Kaltim beberapa tahun mendatang.

“Ada prediksi ekonomi Kaltim akan semakin bertumbuh secara signifikan di tahun 2022 ke 2023 dengan catatan, leading sektornya masih disitu (batubara dan mineral),” ujar Samsun, belum lama ini.

Meski demikian, sektor-sektor perekonomian lain yang berkelanjutan dan bersifat jangka panjang, diharapkan Samsun mampu menopang peningkatan ekonomi di Kaltim ke depannya.

“Banyak yang bisa kita genjot. Sektor pariwisata, pertanian, jasa dan lainnya juga bisa berperan. Ini harus kita optimalkan. Hanya saja saya lihat belum ada keseriusan menuju kearah sana,” ucap wakil rakyat daerah pemilihan Kutai Kartanegara (Kukar) itu.

Samsun menegaskan, pertumbuhan dan ketahanan ekonomi harus bertumbuh. Bahkan, perlu bertahan dari sektor yang bersifat renewable atau continue. Sektor-sektor itu harus bisa ditingkatkan lagi gradenya.

“Kaltim harus ditopang oleh banyak sektor, bukan pertambangan saja. Itu akan membuat ekonomi kita semakin sehat daripada hanya ditopang satu sektor saja,” paparnya.

Menurut Samsun, setiap sektor di Kaltim harus semakin bertumbuh. Sektor seperti pariwisata, pertanian maupun lainnya itu merupakan peluang yang cukup terbuka luas.

Apalagi, ucap Samsun, mengingat kondisi ekonomi dunia pasca Covid-19 sudah mulai pulih dan kunjungan wisata pun mulai meningkat.

“Sumber daya alam (SDA) kita luas jika ingin mengembangkan sektor pertanian dan wisata. Banyak sektor-sektor di Kaltim yang bisa dikembangkan menjelang adanya Ibu Kota Negara (IKN). Kalau nggak digenjot sekarang, kita ketinggalan,” tutupnya. (ADV/DPRDKALTIM)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #dprd-kaltim #muhammad-samsun #sumber-daya-alam-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN