Selasa, 07 Mei 2024 06:35 WIB

Advetorial

Puji Ingin Kuota 30 Persen Keterwakilan Perempuan di Legislatif Terpenuhi

Redaktur: Redaksi
| 224 views

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Keterlibatan perempuan di legislatif Kalimantan Timur (Kaltim) hingga saat ini masih terbilang sedikit. Hal ini pun menjadi sorotan tersendiri oleh anggota dewan.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati, menyebut keterwakilan perempuan di DPRD Kaltim baru mencapai 12 persen. Sebab itu, ia mendukung penuh keterlibatan perempuan dalam kontestasi politik pada pemilihan umum 2024 mendatang.

Puji sapannya juga mengungkapkan, keterlibatan perempuan di parlemen sejatinya telah dijamin mengacu Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

Disebutkan Puji, aturan tersebut memberikan kuota 30 persen kepada perempuan dalam ranah politik. Ia menilai hal ini sebenarnya sudah memberikan peluang bagi perempuan untuk terlibat aktif dalam setiap momentum politik.

“Sampai sekarang keterwakilan perempuan di DPRD Kaltim sendiri saya rasa baru mencapai 12 persen, sehingga perlu menjadi evaluasi kita bersama apa saja faktor penyebabnya,” ujarnya, Jumat (14/4/2023).

Puji menilai perlu adanya dorongan yang dilakukan untuk memberikan pengakuan sebagaimana perempuan menjalankan tugasnya di ruang-ruang publik.

Lebih lanjut, Puji membeberkan saat perempuan ingin masuk dalam jalur politik juga kerap menghadapi tantangan domestik, seperti dukungan dari keluarga, suami hingga anak-anak mereka.

“Makanya tidak heran ketika perempuan akan berpikir tiga kali ketika betul-betul ingin menempuh langkah tersebut,” tutur Politisi Perempuan Partai Demokrat itu.

Di sisi lain, Puji berharap perempuan bisa ikut terlibat dalam politik agar dapat menampung dan menegakkan aspirasi masyarakat khususnya dalam mengakomodir kepentingan perempuan.

“Saya harap peluang 30 persen bisa tercapai kuotanya bahkan kalau bisa lebih dari itu. Tugas perempuan di legislatif kalau dilakukan dengan baik maka insyaallah surga tempatnya,” pungkasnya. (ADV/DPRDKALTIM)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #puji-setyowati #dprd-kaltim #kuota-perempuan-di-legislatif #partai-demokrat 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler