Senin, 29 April 2024 02:12 WIB

Advetorial

Indeks Demokrasi Kaltim Mengkhawatirkan, Begini Solusi dari Jahidin

Redaktur: Redaksi
| 171 views

Anggota Komisi I DPRD Kaltim, Jahidin. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Anggota Komisi I DPRD Kaltim, Jahidin, turut memberi perhatian atas menurunnya Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) di wilayah Kalimantan Timur

Berdasarkan data yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2023 ini, indeks demokrasi di Kaltim turun drastis ke peringkat 13 periode 2021 - 2022. Sedangkan tahun sebelumnya berada di urutan peringkat ketiga.

Menanggapi hal itu, Jahidin berharap seluruh elemen masyarakat dan stakeholder bisa saling kerja sama dalam mendongkrak kembali peringkat indeks demokrasi di Bumi Mulawarman.

Ia menerangkan faktor yang mempengaruhi anjloknya peringkat indeks demokrasi itu dipengaruhi pula oleh Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif.

“Saat saya terima bukunya, dalam data itu nihil, makanya capaiannya buruk,” ungkap Jahidin, Selasa (18/4/2023).
Meski demikian, Jahidin menegaskan ada beberapa Raperda inisiatif yang tengah disusun dan dibahas oleh DPRD Kaltim. Sebabnya, pada penilaian berikutnya dengan beberapa data yang telah dimasukan, Indeks Demokrasi di Kaltim diharapkan akan meningkat.

“Pada 2023 ini kita harap penilaian terbaru meningkat menjadi rangking tiga, apa lagi kalau ditambah dengan beberapa data lainnya. Mungkin bisa saja jadi peringkat dua maupun satu,” ucap Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Mengenai sebab kemerosotan peringkat Indeks Demokrasi Kaltim sendiri, Jahidin menyadari padatnya kegiatan kedewanan turut menjadi salah satu pemicu.

Selain membahas pembentukan Peraturan Daerah (Perda) ada juga kegiatan seperti reses, kunjungan daerah, serta sosialisasi perda hingga kunjungan ke luar daerah.

“Tidak bisa dipungkiri karena padatnya kegiatan jadi salah satu faktor. Biasanya pembentukan perda dibahas oleh pansus, kemudian pansus terdiri dari anggota DPRD kerja mereka tidak hanya sekedar di pansus, tapi ada kewajiban lain yang harus dijalankan,” tutupnya. (ADV/DPRDKALTIM)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #indeks-demokrasi #jahidin #partai-kebangkitan-bangsa #dprd-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN