Senin, 20 Mei 2024 07:19 WIB

Advetorial

Lagi, Nidya Listiyono Minta Pemerintah Pusat Prioritaskan Pembangunan di Kaltim

Redaktur: Redaksi
| 176 views

Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Nidya Listiyono. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Nidya Listiyono, menegaskan bahwa Pemerintah Pusat harusnya memberikan apresiasi berupa peningkatan prioritas pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

Hal tersebut diungkapkan politisi asal Partai Golkar itu menimbang Kaltim sebagai daerah yang memberikan kontribusi besar terhadap penghasilan negara.

Selain itu, Tiyo sapaannya itu sebutkan, permintaan tersebut juga selaras dengan langkah Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI yang menginginkan pertumbuhan ekonomi lebih tinggi untuk diprioritaskan di wilayah (provinsi) yang berstatus lower-middle income.

“Anggaran pembangunan biasanya diprioritaskan kepada daerah dengan jumlah penduduk yang besar. Tentu Kaltim sebagai penghasilan tinggi akan kalah dengan daerah Jawa jumlah penduduknya tinggi dan prioritas anggaran mereka lebih besar,” ungkap Tiyo belum lama ini.

Akan hal tersebut, Tiyo selaku legislator Kaltim menyatakan pihaknya akan terus berusaha agar memperoleh pemerintah memberikan alokasi anggaran yang lebih besar.

Termasuk, lanjut Tiyo, pihaknya juga mendorong Gubernur Kaltim Isran Noor yang saat ini menjadi Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), itu terus bekerja keras agar Kaltim memperoleh prioritas pembangunan.

“Kami tetap perjuangankan. Sebagai daerah penyumbang pendapatan terbesar, maka yang kembali ke daerah juga harus lebih besar. Prioritas pembangunan dan pertumbuhan ekonomi terus menjadi pembahasan yang diteriakkan Kaltim,” tegas Tiyo.

Untuk diketahui, Kaltim menjadi salah satu provinsi dengan pendapatan tertinggi ke dua se-Indonesia, setelah DKI Jakarta dengan pendapatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita. DKI Jakarta di 2022 sebesar 20.103 USD dan Kaltim sebesar 16.083 US. (ADV/DPRDKALTIM)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #dprd-kaltim #nidya-listiyono #pembangunan-kaltim #devisa-negara 

Berita Terkait

IKLAN