Selasa, 23 April 2024 07:28 WIB

Advetorial

Gencarkan Program Pendidikan di Kukar, Pemkab Gelontorkan 20 Miliar Untuk Beasiswa Kukar Idaman

Redaktur: Redaksi
| 288 views

Kabag Kesra Sekkab Kukar, Dendy Irwan.

Tenggarong, Afiliasi.net - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) saat ini tengah menggencarkan program pendidikan, salah satunya yakni program Beasiswa Kukar Idaman tahun 2023 ini. Dalam program tersebut bahkan Pemkab Kukar siap menggelontorkan anggaran hingga Rp 20 miliar.

Kepala Bagian Kesejahteraan Setkab Kukar Dendy Irwan Fahriza mengatakan bahwa dana itu diperuntukkan untuk program beasiswa Kukar Idaman tahun ini.

"Beasiswa ini telah dibuka, dan tahun ini untuk anggaran beasiswa pada D4 dan S1, anggarannya kita siapkan untuk beasiswa tahun ini kurang lebih Rp 20 Miliar," ucap Dendy Irwan Fahriza, Senin (22/5/2023).

Dendy menjelaskan, untuk di Bagian Kesra pada beasiswa ini ada Dua program dedikasi, salah satunya beasiswa 1.000 guru sarjana dan untuk pendidikan stimulan D4 dan S1 yang terus menjadi favorit, sebab kuotanya besar.

Ia mengungkapkan bahwa untuk tahun 2022 saja, terdapat sebanyak seribu mahasiswa yang mendaftar. Sementara beasiswa stimulan pihaknya menyiapkan 4 ribu kuota untuk lima tahun.

"Selain itu, kami juga memiliki program untuk membayarkan beasiswa pelajar tersebut langsung ke rekening perguruan tinggi, dengan mekanisme tuntas per tahun pelajaran, mengingat tahun 2022 lalu, banyak yang salah pemahaman, penerima beasiswa mengira masuk ke rekening personal, padahal tidak," ungkapnya.

Kemudian lanjut Dendy, ada juga beasiswa santri lanjut perguruan tinggi. Beasiswa ini merupakan Program Satu Desa Satu Tahfiz. Pemkab membuka kuota 50 orang untuk satu tahun.

"Beasiswa ini diperuntukkan bagi anak-anak yang lulus dari LPTQ untuk melanjutkan ke PTIQ, di institut Ilmu Qur’an yang berada di Jakarta. Tahun ini kuotanya dibuka untuk umum, ada 20. Dengan syarat minimal hapal lima juz. Targetnya lima tahun dengan 100 kuota," pungkasnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #beasiswa-idaman #kukar-idaman #diskominfo-kukar 

Berita Terkait

IKLAN