Jumat, 18 Oktober 2024 11:23 WIB

Advetorial

Rizky Amalia Desak Pemprov Kaltim Jamin Kesehatan Hewan Qurban

Redaktur: Redaksi
| 315 views

Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Siti Rizky Amalia (Ist)

Samarinda, Afiliasi.net - Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Siti Rizky Amalia mendorong Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kaltim untuk memperhatikan kondisi hewan kurban yang akan menjadi konsumsi menjelang perayaan hari besar umat muslim.

Hal itu ia sampaikan lantaran sesuai dengan momen jelang perayaan Hari Raya Idul Adha tahun 2023 kondisi kesehatan hewan kurban yang di impor dari luar Provinsi Kalimantan Timur perlu menjadi perhatian demi menjaga kesehatan masyarakat. Menurutnya DPKH Kaltim perlu bekerja sama dengan pihak kedokteran hewan untuk memperhatikan kondisi hewan.

"Harus ada dokter hewan di setiap pelabuhan, jadi setiap hewan yang datang bisa langsung dipantau kesehatannya sebelum diperjualbelikan," ungkapnya Senin (5/6/2023).

Akan tetapi Sumber Daya Manusia (SDM) tersebut belum cukup memadai sehingga pemantauan kesehatan hewan belum maksimal dilakukan.

"Kesehatan hewan ini sangat utama apalagi mendekati momentum perayaan idul Adha. Banyak hewan kurban yang akan masuk nantinya sehingga kondisi hewan perlu dicek," sebutnya.

Ia berharap pemerintah daerah bisa mengembangkan potensi peternak hewan kurban di daerah sendiri demi menunjang kebutuhan daging masyarakat Kaltim. (ADV/DPRDKALTIM)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #dprd-kaltim #siti-rizky-amalia #hewan-kurban #idul-adha 

Berita Terkait

IKLAN