Kamis, 02 Mei 2024 01:50 WIB

Daerah

Puluhan Pembalap Cilik Ramaikan Mini Race Kaltim Fest di Samarinda Convention Hall

Redaktur: Redaksi
| 362 views

Peserta Mini Race Kaltim Fest tengah bersiap di garis start. (Dok. Samarinda Balance Bike)

Samarinda, Afiliasi.net - Puluhan anak beradu cepat menggunakan sepeda tanpa pedal. Sorak meriah para orang tua meramaikan event bertajuk 'Mini Race Kaltim Fest' yang berlangsung di Samarinda Convention Hall, Sempaja pada Sabtu (15/07/2023).

Dikatakan oleh Ketua Samarinda Balance Bike, mini race ini diikuti oleh sejumlah komunitas balance bike dari berbagai daerah seperti Samarinda, Tenggarong, Bontang, dan Sangatta.

Pada mini race kali ini ada beberapa kategori yang dilombakan. Mulai dari kategori umur 2020-2016 dan kelas FFA yang diikuti oleh anak laki-laki dan perempuan kelahiran tahun 2014-2015.

"Ini event besar pertama yang dilaksanakan oleh Samarinda Balance Bike. Ke depan akan ada lagi. Yang jelas, responsnya sangat positif," kata Zulkilfli.

Lanjut dikatakan dia, balance bike yang lebih kurang 6 bulan menjadi trend di Kota Tepian memang berdampak positif bagi tumbuh kembang si buah hati. Balance bike disebutnya efektif mengembangkan kemampuan interaksi anak agar terhindar dari pengaruh gadget dan juga melatih keseimbangan motorik.

"Maka itu, setiap minggu juga kita menerima 2-3 orang mendaftar," terang Zulkifli selaku ketua komunitas balance bike Samarinda.

Komunitas Samarinda Balance Bike sendiri rutin mengadakan latihan bersama setiap hari Sabtu-Minggu. Tepatnya, di halaman parkir GOR Gelora Kadrie Oening. Komunitas ini berada di bawah naungan Asosiasi BMX Indonesia (ABI).

Beberapa orang tua yang mengikutsertakan anaknya dalam komunitas ini pun memberi respons positif.

"Menjadi lebih pemberani, mandiri, motoriknya juga jadi lebih terjaga dan lebih sehat pastinya jadi mengurangi bermain HP," ungkap Jani ketika ditanya mengenai perubahan anaknya setelah 3 bulan bergabung di komunitas balance bike.

Sama halnya dengan Jani, Daus dan keluarga berangkat dari Tenggarong ke Samarinda demi menunjukkan antusiasmenya mengikuti kegiatan mini race in, padahal anaknya baru saja mengenal sepeda tanpa pedal ini sepekan lalu.

"Awalnya lihat dari instagram ada komunitas (balance bike) ini terus ada perlombaan ya diikuti aja untuk melatih mental dan keberanian anak," tuturnya.

Ia berharap nantinya setelah bergabung dengan komunitas ini maka mental anaknya dapat berbaur dan bersosialisasi juga menjadi lebih berani untuk bersaing dalam kompetisi.

Sebagai tambahan, balance bike memainkan peran penting dalam perkembangan motorik anak-anak. Dengan menggunakan balance bike, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan keseimbangan, koordinasi tubuh, dan kepercayaan diri mereka.

Selain itu, balance bike juga menyediakan kesempatan bagi anak-anak untuk menikmati kegiatan aktif di luar ruangan dan membantu dalam membangun hubungan keluarga yang kuat. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak mereka untuk menggunakan balance bike dan mendukung mereka dalam mengembangkan keterampilan motorik yang penting ini. (*) 

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #samarinda-balance-bike #mini-race #kaltim-fest #balance-bike #sepeda-tanp-pedal #samarinda-convention-hall 

Berita Terkait

IKLAN