Minggu, 28 April 2024 12:14 WIB

Daerah

Mantan Pemain NBA Asal AS Ingin Pebasket Samarinda Bersinar di Level Profesional

Redaktur: Redaksi
| 259 views

Kunjungan rombongan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat lewat agenda dipmolasi olahraga yang berlangsung di Anjungan Karamumus, Balaikota Samarinda pada Jumat, 4 Agustus 2023. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda menerima kunjungan rombongan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat lewat agenda dipmolasi olahraga yang menghadirkan mantan pemain NBA, Stephen Howard yang juga analis bola basket ESPN & FOX Sport College, Collegiate All-American dan mantan pemain WNBA Crystal Langhorne.

Plh Sekretaris Daerah Samarinda, Ali Fitri Noor yang menyambut kehadiran rombongan asal negeri Paman Sam itu menyebut, Diplomasi Olahraga yang dicanangkan oleh Kedubes Amerika Serita di Indonesia sejak 3 sampai 5 Agustus besok bakal mempererat hubungan antar dua negara di bidang keolahragaan. 

"Khususnya untuk membangkitkan semangat atlet bola basket di Samarinda agar bisa bermain di level internasional," sebut Ali di Anjungan Karamumus, Balaikota Samarinda pada Jumat, 4 Agustus 2023. 

Ali yang saat itu turut didampingi oleh Kepala Disdikbud Kota Samarinda, Asli Nuryadin dan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Muslimin berharap agar pembinaan atlet basket di Kota Tepian, bisa terus mengevaluasi diri agar prestasi para tim dan atlet ke depan lebih meningkat.

Ia menambahkan, kedatangan Kedubes Amerika Serikat menjadi kesempatan dan tantangan untuk bisa lebih memahami pendidikan olahraga lebih maksimal lagi.

"Utamanya soal program yang efektif dari proses pendidikan dan pelatihan. Termasuk pencarian bibit atlet unggul," bebernya.

Sebelumnya, Cultural Affair Atache-US Embassy Mary Trechock membeberkan alasan pihaknya untuk menjadikan Samarinda sebagai salah satu dari tiga kota destinasi diplomasi olahraga ini. Selain, Kota Jakarta dan Kota Palembang. 

"Samarinda memiliki potensi besar untuk anak mudanya di segi pendidikan. Banyak alumni dari Kota Samarinda yang pernah berpartisipasi program pendidikan kita," kata Mary.

"Tidak hanya karena Kaltim akan menjadi IKN (Ibu Kota Nusantara) baru, tapi ini soal rekam jejak prestasi anak-anak muda Samarinda," tambahnya menegaskan. 

Lanjut ditambahkan Stephen, potensi anak muda di ibu kota Kaltim ini bisa saja lebih baik daripada Jakarta. Hadirnya Stephen di Samarinda juga diharapkan dia dapat menjadi motivasi para pebasket untuk meraih cita-cita mereka.

"Tiap individu memiliki kelebihan yang tidak ada di individu lainnya. Saya ingin membantu mendorong mereka untuk menjadi apapun yang mereka inginkan di dalam hidup melalui basket," ujar Stephen. 

Pun demikian bagi pebasket wanita yang dikatakan Crystal memiliki potensi yang sama untuk menujukkan bakat mereka hingga di level profesional.

"Kehadiran saya harapkan bisa memberi inspirasi dan pandangan baru bagi remaja putri di Kota Samarinda. Terpenting harus bisa membangun stamina dalam aktifitas fisik agar bisa meraih prestasi.

Sebagai informasi, rombongan ini dijadwalkan melakukan coaching clinic di klub basket Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda pada pukul 13.30 wita dan melanjutkannya dengan berwisata susur Sungai Mahakam pada pukul 17.30 wita. Di Hari kedua-5 Agustus, utusan olahraga juga akan melakukan coaching clinic untuk atlet Samarinda Basketball League (SBL) di Gor Kadrie Oening. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #kedubes-as #pemkot-samarinda #pemain-nba #stephen-howard #crystal-longhorne #usembassy-jkt #seattle-storm 

Berita Terkait

IKLAN