Minggu, 28 April 2024 07:04 WIB

Daerah

Resmi, Kelurahan Digital Pertama di Samarinda

Redaktur: Redaksi
| 298 views

Wali Kota Andi Harun saat meresmikan kelurahan digital pertama di Samarinda

Samarinda, Afiliasi.net – Kelurahan digital pertama di Samarinda telah diresmikan Wali Kota Samarinda Andi Harun. Peresmian tersebut dilakukan di Kantor Kelurahan Loa Bakung, Jalan Jakarta, Kecamatan Sungai Kunjang, pada Kamis (10/8/2023). Andi Harun mengatakan kelurahan digital ini dilakukan sebagai upaya penyederhanaan pelayanan publik.

Langkah ini diambil sebagai transformasi birokrasi dan transformasi digital informasi, yang diharapkan mampu mempercepat pelayanan kepada masyarakat. “Sehingga menghasilkan produktivitas dan akses layanan yang cepat,” paparnya.

Andi Harun juga mengatakan, data center saat ini masih bekerja sama dengan Amazon Web Service. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan kualitas. Terlebih, data center ini telah dipakai di beberapa negara maju seperti Singapura. Andi Harun merasa tidak perlu menunggu data center lokal, ia yakin dengan keamanan yang terjamin. “Pelayanannya juga 24 jam, kalau menunggu milik Indonesia, mau sampai kapan kita implementasikan terkait digitalisasi,” ungkapnya.

Andi Harun juga menambahkan, layanan digital dapat meningkatkan transparansi hingga melakukan pemantauan kemacetan dan banjir, melalui kamera cctv. “Jadi sangat canggih dan sejalan dengan pembangunan,” jelasnya.

Lanjut, Andi Harun juga mengatakan, menggencarkan sosialisasi adalah kunci menghadapi tantangan gagap teknologi. Dalam pelaksanaannya, diperlukan partisipasi semua pihak agar dapat beradaptasi di derasnya kemajuan teknologi hari ini. “Kita harus terus sosialisasikan, jangan sampai kita tidak mampu menghadapi kemajuan teknologi,” pungkasnya.

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkot-samarinda #andi-harun #kelurahan-digital-pertama-di-samarinda #digitalisasi 

Berita Terkait

IKLAN