Minggu, 28 April 2024 10:37 WIB

Daerah

Serahkan Santunan 3000 Yatim Dhuafa, Wali Kota Samarinda: Bukti Zakat Disalurkan dengan Baik

Redaktur: Redaksi
| 259 views

Wali Kota Samarinda Andi Harun saat menyerahkan secara simbolis santunan 3000 Yatim Dhuafa. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Sebanyak 3000 Yatim Dhuafa di Samarinda menerima santunan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dan Baznas Samarinda. Santunan yang diinisiasi langsung oleh Wali Kota Andi Harun itu diserahkan secara simbolis di Masjid Baitul Muttaqien (Islamic Center), Jalan Slamet Riyadi, Kecamatan Sungai Kunjang, pada Senin 14 Agustus 2023.

Penyerahan ini merupakan salah satu upaya untuk peningkatan kualitas kehidupan melalui Zakat, Infaq, dan Sadaqah (ZIS).

Kolaborasi ini ditegaskan Andi Harun sebagai langkah konkret yang bisa ditempuh untuk mengatasi permasalahan sosial di Kota Tepian. Terlebih, ZIS dikelola secara transparan dan akuntabel.

Orang nomor satu di Samarinda itu juga menegaskan bahwa santunan kali ini menjadi bukti bagi para pembayar zakat bahwa apa yang telah disedekahkan disalurkan dan dikelola dengan baik. Ia berharap, kepercayaan ummat ke depan lebih meningkat, khususnya bagi lembaga pengelola zakat yang resmi.

“Sekaligus memasifkan warga masyarakat Samarinda membayarkan zakat pada lembaga resmi,” terangnya.

Ia berharap, kesadaran masyarakat untuk menyalurkan zakat ke lembaga resmi lebih meningkat lagi. Utamanya Baznas Kota Samarinda. Apalagi, santunan yang disalurkan kali ini kembali ditegaskan dia untuk menurunkan angka kemiskinan dan menggerakkan ekonomi masyarakat.

"Terutama bagi warga miskin yang merupakan salah satu dari delapan asnaf penerima zakat,” jelasnya.

Ke depan, Baznas Samarinda juga diharapkan dia dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mempermudah pembayaran zakat. Terutama dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang mudah diakses dimana pun. Baznas dapat melakukan re-branding dengan melakukan kerja sama dengan bank atau membuat aplikasi sendiri sehingga produktivitas dalam pengelolaan zakat semakin meningkat.

“Suatu hari BAZNAS akan menjadi lembaga yang akan dikenang oleh seluruh masyarakat Samarinda karena kehadirannya membawa kemaslahatan dan kemanfaatan umat,” pungkasnya.(*)

Editor: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #santunan-yatim #pemkot-samarinda #andi-harun #baznas-samarinda #samarinda-cerdas 

Berita Terkait

IKLAN