Selasa, 17 September 2024 03:04 WIB

Advetorial

Mengulur Naga Digelar, Ribuan Masyarakat Antusias Iringi Replika Naga Ke Sungai Mahakam

Redaktur: Redaksi
| 273 views

Prosesi Mengulur Naga dari Kedaton Kesultana Kutai Kartanegara Ing Martadipura (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Prosesi mengulur naga yang merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Erau Adat Pelas Benua yang disusul dengan Belimbur telah dilakukan. Masyarakat Kutai Kartanegara (Kukar) antusisias iringi replika naga ke Sungai Mahakam.

Prosesi mengulur naga ini dilangsungkan di Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura atau Museum Mulawarman, paha hari ini Minggu (1/10/2023).

Ritual yang sudah dijalankan secara turun temurun ini dimulai dengan mengarak Sepasang Naga Laki dan Naga Bini. Dari keraton kesultana, menuju Desa Kutai Lama, Kecamatan Anggana, dengan menggunakan kapal.

Sebelum menuju Kutai Lama, kapal yang membawa sepasang naga terlebih dahulu singgah di Tepian Aji, Samarinda Seberang untuk melakukan ritual lainnya.

“Di Kutai Lama Naga Laki dan Naga Bini akan dilarungkan tubuhnya ke Subgai Mahakam. Sementara untuk kepala dan ekornya akan dibawa dan disemayamkan kembali di Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura di Tenggarong,” ujar Asisten I, Sekertariat Kabupaten (Setkab) Kukar, Ahmad Taufik Hidayat. Saat menyampaikan sambutan Bupati Kukar, Edi Damansyah.

Acara mengulur naga sendiri erat kaitannya dengan kisah kemunculan Putri Karang Melenu. Permaisuri dari Raja pertama Kutai, Aji Batara Agung Dewa Sakti, yang merupakan asal mula keluarga Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Kemunculan sang permaisuri dikisahkan terjadi secara misterius dari dasar Sungai Mahakam. Bayinya terbaring di atas sebuah gong yang dijunjung oleh seekor naga yang muncul dari pusaran air.

Replika naga dalam upacara mengulur naga, merepresentasikan makhluk legendaris dalam legenda Putri Karang Melenu tersebut.

Naga replika tersebut memiliki panjang kurang lebih 31,5 meter, dengan kepala dan ekor yang terbuat dari kayu. Badan naga terbuat dari rangka rotan dan bambu yang dibungkus kain berwarna kuning, dihiasi kain perca warna-warni sebagai sisiknya.

“Prosesi ini adalah suatu tradisi mengenang bagaimana prosesi ini terjadi di hulu dusun yang sekarang menjadi Kutai Lama, sudah turun temurun," tambahnya.

Tiap tahunnya, ritual mengulur naga selalu diikuti dengan sangat antusias oleh masyarakat Kukar dan sekitarnya. Selagi naga diarak menuju Kutai Lama untuk di hanyutkan di Sungai Mahakam, di tenggarong masyarakat akan melakukan acar belimbur atau saling menyiram air. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #tradisi-kutai-kartanegara 

Berita Terkait

IKLAN