Selasa, 17 September 2024 02:57 WIB

Advetorial

Pabrik Pengolahan Rumput Laut di Kecamatan Muara Badak Bakal Rampung Tahun Depan

Redaktur: Redaksi
| 220 views

Kepala Disperindag Kukar, Arfan Boma. (istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Pembangunan pabrik rumput laut sudah rampung, Pemerintah Kabupten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 22 miliar pada APBD 2024.

Pembangunan pabrik pengolahan rumput laut yang terletak di Kecamatan Muara Basak ini, merupakan upaya yang dilakukn oleh Pemkab Kukar dalam mengembangkan hilirisasi sektor pertanian di Kukar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar, Arfan Boma mengatakan, dibangunnya pabrik pengolahan rumput laut ini, juga merupakan implementasi dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2025.

Diketahui, pembanguna pabrik pengolahan rumput laut tersebut sudah direncanakan sejak tahun 2019 lalau. Dan saat ini hanya menyisakan pengadaan alat dan mesin pabrik pengolahan rumput laut. Mengingat fisik banguna pabrik telah rampung dikerjakan.

Jika tidak ada kendala berarti, pada awal 2024 mendatang pengadaan akan segera dilakukan. Bila mesin sudah didatangkan, maka pabrik rumput laut ini akan segera dioperasikan.

“Insya Allah awal Januari tahun 2024 pengadaan mesin pabrik rumput laut,” terangnya.

Boma menambahkan, pihaknya telah merancang pembangunan sentra Industri Kecil Menengah (IKM) terkait pengolahan rumput laut ini sejak jauh hari. Bahkan tidak hanya rumput laut, tapi juga jagung, pakan ternak dan sentra karet.

Pabrik ini nanti akan digunakan untuk mengolah rumput laut menjadi powder tepung, yang akan dikerjasamakan dengan beberapa pabrikan-pabrikan untuk menyerap hasil produksi rumput laut.

Ia berharap, pembangunan infrastruktur, seperti jaringan komunikasi kelompok IKM, penampung hasil panen, dan jaringan pasar yang berkaitan dengan pengolahan rumput laut dapat berjalan dengan baik.

"Kami juga berharap ada peningkatan taraf hidup petani kita,” pungkasnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #pengembangan-pertanian-kukar 

Berita Terkait

IKLAN