Minggu, 19 Mei 2024 08:48 WIB

Advetorial

Bupati Kukar, Edi Damansyah Hadiri Prosesi Perebahan Tiang Ayu. Pertanda Erau Berakhir

Redaktur: Redaksi
| 149 views

Bupati Kukar, Edi Damansyah setelah mengikuti perubuhan tiang ayu (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah ikuti prosesi perobohan tiang ayu. Pertanda Gelaran Erau Adat Pelas Benua resmi berakhir, Senin (2/10/2023).

Edi menjelasakan, Erau dilangsungkan dalam dua kegiatan. Yaitu kegiatan adat yang digelar oleh Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dan juga gelaran festival pesta rakyat yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

Menurutnya, banyak berkah yang didapatkan masyarakat Kukar selama kegiatan erau berlangsung selama sepekan, dimana para pelaku UMKM di hamper seluruh penjuru Kota Tenggarong terdampak secara langsung. Dengan banyaknya pengunjung yang datang untuk menyaksikan Erau

“Alhamdulillah satu pekan pelaksanaan erau pelas benua tahun 2023 berjalam dengan baik, pagi hari ini kegiatan akhirnya. Kita menghadiri undangan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, perbahan tiang ayu menandakan erau telah selesai,’’ ungkap Edi.

Edi menambahkan, rangkain kegiatan Erau yang digelar oleh Kesultanan adalah rangkain kegiatan yang bersifat sakral, sedangkan yang diselenggarakan Pemkab merupakan upaya pemkab dalam menyemarakkan digelarnya Erau Adat Pelas Benua. Terdiri dari berbagai kegiatan mulai dari pergeralaran seni, ada olahraga tradisional, expo, hingga hiburan rakyat.

Dalam kesempatan ini, Edi menegaskan komitmen Pemkab Kukar, untuk selalu mendukung dan melestarikan tradisi adat budaya Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Juga termasuk memberikan ruang bagi para pelaku seni dan budaya di Kukar.

’’Mudah-mudahan Erau Adat Pelas Benua Ini bisa dikenal oleh banyak orang dan terus terlestarikan. Karena ini juga kan membawa dampak ekonomi yang positif bagi masyarakat kita,’’ Pungkasnya.


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #edi-damansyah #erau-kukar-2023 #tradisi-pelas-benua 

Berita Terkait

IKLAN