Minggu, 19 Mei 2024 11:17 WIB

Advetorial

Kerjasama Dengan PT Buma, Distransnaker Adakan Pelatihan Basic Operator Untuk 30 Pemuda Kukar

Redaktur: Redaksi
| 211 views

Suasana pertemuan Bupati Kukar, Edi Damasyh dengan beberapa perusahaan untuk membahas kerjasama dalam hal memfasilitasi pelatihan kompetensi (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Dinas Transmigrasi dan Ketenaga Kerjaan (Distransnaker) Kutai Kartanegara (Kukar) akan melakukan pelatihan basic operator untuk 30 orang pemuda Kukar. Pelatihan ini merupakan kolaborasi antara Distransnaker Kukar dengan PT Buma dan PT Biru, Rabu (4/10/2023).

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pemberdayaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Distransnaker Kukar, Syarifah Rositah menjelaskan.

Pada peserta pelatihan ini akan dilatih dengan melanisme magang di PT Biru selama satu tahun. Setelah itu para peserta akan langsung diterima sebagai Kariawan tetap di PT Buma.

Syarifah mengatak, rekrutmen yang dilakukan oleh Distransnaker Kukar memprioritaskan masyarakat yang masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Proses seleksi sendiri masih terus berjalan, dan pada hari ini para peserta akan mengikuti tahap seleksi wawancara yang dilakukan secara daring.

“Ini pesertanya 30 anak se-Kukar, 20 orang akan diseleksi oleh PT Buma dari 3 Kecamatan lingkar tambang, yaitu Kenohan, Kembang Janggut dan Tabang. Sedangkan 10 sisanya Distransnaker yang merekrut,” terangnya.

Nantinya jika dinyatakan lulus, para peserta akan menerima uang saku dari PT Buma selama pelatihan berlangsung. Selai itu, mereka juga akan menerima berbagi fasilitas seperti tempat tinggal dan makan.

“Syaratnya khusus yang diberikan dalam pelatihan ini adalah peserta belum menikah dan berusia 21 sampai 26 tahun. Selama pelatihan juga mereka tidak diperkenankan menikah, karena kan pelatihannya selama setahun,” pungkasnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #distransnaker-kukar #pt-buma #pt-biru 

Berita Terkait

IKLAN