Selasa, 07 Mei 2024 07:31 WIB

Advetorial

Dishub Kukar Lanjutkan Program Pemasangan LPJU di APBD-P

Redaktur: Redaksi
| 153 views

LPJU di Kukar (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), melalui Dinas Perhubungan (Diahub) Kukar. Kembali akan melanjutkan program pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) pada Anggran Pemdaptan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P).

Setelah pada APBD murni Dishub Kukar memasang target pemasangan LPJU di sejumlah lokasi di Kukar. Pada APBD-P tahun ini, Dishub Kukar kembali menargetkan akan memasang LPJU 16 Kecamatan yang ada di Kukar.

Kepala Dishub Kukar, Ahmad Junaidi mengataka, pemasangan LPJU ini dilakukan dengan metode yang berbeda-beda. Ada yang dipasang termasuk dengan tiang listrikyan dan ada juga yang hanya dengan pemasangan ornamen lampu saja.



"Kalau yang tiang listrik itu ada tiangnya, ornamennya kemudian ada jaringannya. Kalau yang sudah ada tiang listrik itu tinggal lampu, ornamen dan jaringan serta kilometer, kalau yang agak lama itu karena ada penambahan pemasangan tiang," terangnya, Selasa (10/10/2023).

Ia menambahkan, secara keseluruhan di 2023 pihaknya sudah memasang sekitar 3.000 lebih titik LPJU. Di Kukar sendiri untuk jalan poros saja membutuhkan sekitar 40.000 LPJU. Sementara yang sudah ada 7.000 ditambah 3.000 jadi masih kurang 30.000 titik.

Namun, Junidi mengatakan, dalam pemasangan LPJU Dishub Kukar tidak berkerja sendiri. Tapi juga ada beberapa Organisai Peragkat Daerah (OPD) yang turut melakukan pemasangan LPJU.

"Kita memang ada beberapa skema program terang Kampungku ini, kalau semuanya di Dishub anggaran yang ada kita bagi bukan hanya untuk LPJU saja, tapi kita berbagi peran untuk di Desa ke DPMD, tapi kalau di Desa itu masuk jalan poros Kabupaten itu Dishub, kalau di pemukiman itu Dinas Perkim," pungkasnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #lpju-kukar #dishub-kukar 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler