Senin, 20 Mei 2024 11:06 WIB

Advetorial

Bupati Kukar, Edi Damansyah Buka Gerakan Pasar Murah di Halaman Kantor Bupati

Redaktur: Redaksi
| 126 views

Bupati Kukar, Saat membuka gerakan pasar murah (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Dalam rangka meperingati hari pangan sedunia, pemerintah menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di seluruh wilayah Indonesia. Termasuk juga di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Di Kukar sendiri, GPM dibuka langsung oleh Bupti Kukar, Edi Damansyah di halaman parkir Kantor Bupati Kukar. Dan, dirangkai dengan kegiatan pemyerahan bantuan beras kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) secara simbolis.

Edi mengatakan acara GPM ini bertujuan untuk menyediakan bahan kebutuhan pokok dan sayuran dengan harga yang terjangkau, dan berlangsung selama dua hari, 16 sampai tanggal 17 Oktober 2023.

Setidaknya ada 44 pedagang, termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kelompok Wanita Tani (KWT), dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), ikut serta dalam kegiatan tersebut.



"Melalui Gerakan Pangan Murah dan langkah-langkah lainnya, upaya untuk menekan inflasi dapat dilakukan secara bersama-sama, dengan tujuan untuk memastikan akses pangan dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat,” katanya, Senin (16/10/2023).

Bupati Edi Damansyah menekankan, pentingnya kerjasama dalam mengendalikan inflasi. Dimulai dari tingkat Kabupaten hingga Kecamatan dan Desa. 



Program ini didasarkan pada Permendesa PDTT Nomor 97 Tahun 2022, yang memberikan panduan untuk langkah-langkah pengendalian inflasi dan mitigasi dampak inflasi di tingkat desa. 



Langkah-langkah seperti penghimpunan data harga harian, evaluasi tren harga pangan mingguan, dan penguatan peran BUMDES sebagai distributor Bulog, serta kerjasama dengan perusahaan lain seperti Id Food, 



"Kami berharap kegiatan ini dapat membantu mengendalikan inflasi dan menyediakan akses pangan yang terjangkau bagi masyarakat Kukar,” tandasnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #edi-damansyah #gerakan-pangan-murah #akses-pangan 

Berita Terkait

IKLAN