Senin, 20 Mei 2024 02:34 WIB

Advetorial

Kecamatan Sangasanga Bakal Manfaatkan Lahan Pasca Tambang Sebagai Kawasan Peternakan

Redaktur: Redaksi
| 121 views

Camat Sangasanga, M Dachriansah (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Kecamatan Sangasanga berencana memanfaatkan banyaknya lahan pasca tambang sebagai kawasan peternakan sapi. Hal ini dipakukan untuk mempersiapkan diri, sebagai wilYah yang ditargetkan bakal jadi daerah penghasil daging bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Negara (IKN), Rabu (25/10/2023).

Camat Sangasanga, M Dachriansah mengatakan. Ide memanfaatkan lahan pasca tambang, menjadi kawasan peternakan ini terinspirasi dari apa yang dilakukan oleh PT Equalindo Makmur Alam Sejahtera (EMAS) di Kecamatan Tenggarong Seberang.

“Rencana awal adalah ternak sapi, jadi memang untuk kebutuhan Kalimantan Timur, memang secara teknisnya kami ingin mengembangkan itu. Sebagai upaya mempersiapkan kebutuhan daging bagi IKN nantinya,” terangnya.

Rencananya, akan ada tiga titik lokasi yang bakal jadi Lokasi Fokus (Lokus) pengembangan ternak sapi. Yakni di Kelurahan Sangasanga Muara, Sangasanga Dalam dan Kelurahan Pendingin.

“Tahap awalnya sudah dimulai dan akan ditindaklanjuti lagi setelah 2025,” tambahnya.

Pada tahap awal ini, Dachriansah mengatakan pihaknya akan menggandeng pihak swasta, untuk melakukan pengembangan.

“Mudah-mudahan bisa terealisasi. Artinya Sangasanga bisa menjadi pemasok kebutuhan daging bagi Kaltim dan IKN,” pungkasnya. 

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #peternakan-sapi-sangasanga #sapi-potong-sangasanga 

Berita Terkait

IKLAN