Sabtu, 18 Mei 2024 10:46 WIB

Advetorial

Tingkatkan Produktifitas di Sektor Perikanan, Desa Ponoragan Gandeng Peran Pemuda

Redaktur: Redaksi
| 120 views

Ilustrasi tambak ikan (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net – Desa Ponoragan, Kecamatan Loa Kulu terus berupaya meningkatkan produksi perikanan. Salah satunya dengan menggaet pemuda untuk mulai melirik sektor yang saat ini memjadi andalan desa tersebut.

Selama ini, Desa Ponoragan dikenal sebagai penghasil bibit ikan mas dan nila terbesar di Kutai Kartanegara (Kukar), bahkan Kalimantan Timur (Kaltim).

Kepala Desa (Kades) Ponoragan, Sarmin mengungkapkan. Upaya ini dilakukan pihaknya untuk mempersiapkan diri, jelang perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Kami sadar kebutuhan ikan dapat meningkat drastis jika IKN berpindah nantinya. Oleh karena itu, kami ingin melibatkan pemuda dari Ponoragan dalam pengembangan perikanan sejak sekarang. Agar mereka tidak hanya menjadi penonton di masa depan," ungkap Sarmin, Sabtu (28/10/2023).

Di Ponoragan, Sarmin menyebut mayoritas penduduk berprofesi sebagai petani. Dan sebagian besar penduduk masih dalam usia produktif. Dengan didorongnya sektor perikanan ini, Sarmin yakin Ponoragan dapat memenuhi kebutuhan pangan. Karena setiap bulannya desa ini bisa menghasilkan puluhan jutaan ekor bibit ikan.

"Saya berharap agar petani di wilayah tersebut dapat membesarkan ikan di kolam, seperti ikan gurame, yang memiliki nilai ekonomis yang baik,” tandasnya. 

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #desa-ponoragan #perikanan #bumdes 

Berita Terkait

IKLAN