Jumat, 03 Mei 2024 02:14 WIB

Advetorial

Anggota Komisi IV Rusman Ya'qub Ajak Mahasiswanya Kuliah Praktikum di Gedung DPRD Kaltim

Redaktur: Redaksi
| 135 views

KULIAH PRAKTIKUM - Mahasiswa Unmul saat kuliah praktikum di DPRD Kaltim. ist

Samarinda, Afiliasi.net - Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur, Rusman Ya’qub, yang juga seorang dosen mata kuliah pengantar ilmu politik kembali mengajak mahasiswanya praktikum di Gedung E Kompleks DPRD Kaltim, Kamis (2/11/2023).

Kuliah lapangan Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah (PSP-Sejarah) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mulawarman (Unmul) itu melihat secara langsung bagaimana praktek politik senyatanya di DPRD provinsi Kaltim.

“Jadi bagaimana mereka bisa melihat implementasi politik kekuasaan itu ya di DPRD dan mereka belajar teori ilmu politik,” katanya.

Menurut Rusman, DPRD sendiri bisa menjadi wadah pendidikan, menjadi lembaga untuk menimbah ilmu secara langsung, dan kegiatan ini akan berkesinambungan.

“Ini juga menjadi PR kita menjelaskan kepada publik bahwa menjadi anggota DPRD itu harus punya ilmu, anggota DPRD itu harus punya gagasan terhadap kepentingan publik dan menjadi anggota DPRD itu bagaimana berkompetisi memperjuangkan aspirasi masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut Ketua Fraksi PPP ini menyampaikan harapannya dengan memberikan mata kuliah langsung di gedung DPRD, menjadikan mahasiswa lebih mengerti tentang politik dan bagaimana berpolitik yang sehat.

“Kami dengan senang hati akan menerima setiap ada kunjunga studi ke DPRD, bukan hanya dari perguruan tinggi tetapi juga dari sekolah-sekolah negeri dan swasta yang ada di samarinda,” katanya.

Rusman juga menekankan bahwa DPRD ini milik publik, bukan hanya milik dari para anggota dewan.

“Jadi kita akan menerima semua kunjungan studi yang ingin belajar ilmu politik di DPRD,” kata dia. (editor: jon)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dprd-kaltim #kuliah-praktikum 

Berita Terkait

IKLAN