Rabu, 01 Mei 2024 08:47 WIB

Advetorial

Bentuk Banyak Bank Sampah, Upaya Serius Kecamatan Muara Jawa Atasi Masalah Kebersihan

Redaktur: Redaksi
| 55 views

Ilustrasi Bank Sampah di Kecamatan Muara Jawa (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Pemerintah Kecamatan Muara Jawa serius berupaya untuk mengurai permasalahan sampah yang menjadi masalh kebersihan bagi masyarakat. Salah satunya dengan membentuk banyak bang sampah di desa dan kelurahan.

Beberapa bank sampah kini telah hadir dan dijalankan guna mengolah sampah menjadi barang bernilai jual tinggi. Selain itu, Pemerintah Muara Jawa telah mencanangkan program yang diberi nama Gerakan Muara Jawa Bersih.

Program tersebut pun disambut dengan sangat positif oleh masyarakat dari berbagai kalangan dan stakeholder yang ada di Kecamatan Muara Jawa.

"Kita punya TPA dan di TPA itu sendiri sampah masih bisa di olah, baik itu sampah organik dan non organik," ucap Camat Muara Jawa, Safrudin pada Senin (6/11/2023).

Adapun sejumlah barang yang sudah berhasil diolah dari bahan baku berupa sampah ini, di antaranya paving block serta Bahan Bakar Minyak (BBM) seperti solar, minyak tanah, dan bensin yang berasal dari sampah plastik.

"Jadi sampah-sampah yang dikumpulkan oleh bank sampah itu dikumpulkan dan diolah," tambahnya.

Sementara itu, sampah non organik yang dikumpulkan dari masyarakat diolah menjadi berbagai olahan pupuk pertanian. Ke depan, pihaknya akan terus mengembangkan bank sampah di seluruh kelurahan dan desa yang ada di Kecamatan Muara Jawa.

"Kami sangat konsen untuk mengembangkan bank sampah dan lingkungan bersih ini," tutupnya. (Adv)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #muara-jawa #bank-sampah #gerakan-muara-jawa-bersih 

Berita Terkait

IKLAN