Kamis, 02 Mei 2024 02:33 WIB

Advetorial

Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas'ud Nilai Penyebab Ini Program UMKM Pemerintah Kurang Diketahui Masyarakat

Redaktur: Redaksi
| 78 views

SOSIALISASI - Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas'ud membuka kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Menuju UMKM Kompetitif, di Aula Kecamatan Balikpapan Selatan Selasa (7/11).

Samarinda, Afiliasi.net - Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas'ud mengikuti sosialisasi dan edukasi dengan tema "Menuju UMKM Kompetitif". Sosialisasi digelar di Aula Kecamatan Balikpapan Selatan, Selasa (7/11). Dalam kesempatan tersebut, Hasanuddin mengapresiasi Kecamatan Balikpapan Selatan yang telah menggelar kegiatan bagi pelaku UMKM. Sebab, tanpa dukungan UMKM akan sulit berkembang.

Dia menjelaskan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota sebenarnya telah membuat banyak program guna memberikan dukungan dan perhatiannya kepada pelaku UMKM. Hanya kurang disosialisasikan sehingga banyak dari mereka yang belum mengetahui tentang informasi tersebut.

"Berbagai program yang pro terhadap UMKM sebenarnya banyak, mulai dari bantuan modal Kredit Usaha Rakyat (KUR), pemberian akses perizinan yang mudah karena berbasis online, dan masih banyak lainnya," sebutnya.

Selain itu, banyak program pendampingan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah daerah.


"Banyak sebenarnya hanya saja memang harus lebih banyak lagi disosialisasikan dengan tujuan menjadi support pada yang sudah berjalan, dan menarik minat usaha bagi para generasi muda,"ujar Politikus Golkar ini.

Dia menambahkan UMKM menjadi penopang perekonomian masyarakat. Terbukti disaat pandemi Covid-19 banyak usaha besar yang terkena dampaknya bahkan tidak sedikit yang terpaksa harus gulung tikar. Namun tidak demikian dengan UMKM.

Camat Balikpapan Selatan Muhammad Hakim menuturkan ditengah ketatnya persaingan dunia kerja, UMKM merupakan solusi dalam menciptakan kemandirian perekonomian berbasis kerakyatan.

"Di Balikpapan ini jumlah penduduknya yang terdaftar ada 700 ribu lebih jiwa, dan diprediksi akan terus bertambah seiring menjadi daerah yang bertetangga dengan IKN, karena itu menciptakan semakin tetatnya persaingan usaha. Kegiatan ini hadir untuk memberikan bekal informasi yang diperlukan bagi pelaku UMKM agar mampu menghasilkan produk yang kompetitif,"sebut Hakim.

Hadirnya Ketua DPRD, lanjut dia, merupakan bentuk dukungan provinsi khususnya dewan terhadap perekonomian masyarakat yang berujung pada peningkatan kesejahteraan.

"Kami  mengapresiasi atas dukungan pak Ketua DPRD tidak hanya untuk UMKM saja tetapi juga terhadap banyak sektor mulai dari pendidikan dan infrastruktur di Balikpapan Selatan khususnya, melalui bantuan keuangan provinsi kepada pemerintah kota Balikpapan,"pungkas Hakim. (editor: jon)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dprd-kaltim #sosialisasi-umkm 

Berita Terkait

IKLAN