Kamis, 02 Mei 2024 12:05 WIB

Advetorial

Wujudkan Kota Layak Anak, Rusmadi Pastikan Fasilitas Publik di Samarinda Ramah Anak

Redaktur: Redaksi
| 40 views

Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi saat menghadiri Rapat Koordinasi Kota Layak Anak DP2PA Kota Samarinda Menuju Kota Layak Anak Kategori Utama 2024.

Samarinda, Afiliasi.net - Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda terus berupaya mewujudkan terpenuhinya hak dan menjamin perlindungan anak, khususnya di fasilitas publik. Program ini harus terus digalakkan demi menjadikan Samarinda sebagai Kota Layak Anak (KLA).

Hal ini disampaikan oleh  Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi, saat membuka Rapat Koordinasi Kota Layak Anak yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) Kota Samarinda, di Palem Ballroom Lt 4 Hotel Grand Sawit.

Rusmadi menegaskan bahwa seluruh fasilitas publik harus ramah anak, mulai dari sekolah, puskesmas, taman bermain dan rumah ibadah. Dengan begitu, Samarinda dapat menjadi kota yang ramah, bersih, aman, sehat, dan nyaman bagi anak.

"Sepertiga waktu anak dihabiskan di sekolah, kita pastikan mulai dari sekolah harus ramah anak kemudian puskesmas layak anak dan seluruhnya harus ramah anak termasuk rumah ibadah," katanya pada Selasa (7/11/2023).

Orang nomor dua di Samarinda tersebut berharap sinergi yang telah dilakukan berbagai pihak selama periode 2022-2023 ini dapat terus dipertahankan. Ia pun meminta peningkatan terhadap sejumlah hal yang dianggap masih kurang maksimal.

"Kata kunci dari seluruh serangkaian ini adalah kerjasama, kolaborasi, tidak boleh ada yang merasa paling benar, semua pada posisi yang sama, karena kita semua memiliki kewajiban untuk memberikan hak-hak anak dan sekaligus memberikan perlindungan kepada anak," ucapnya. 

Menurutnya, program ini mengusung semangat bebaya, yakni semangat gotong royong, demi membuktikan bahwa Samarinda mampu menjadi kota modern yang memberikan kenyamanan bagi seluruh masyarakatnya, khususnya anak-anak.

"Insya Allah apa yang kita niatkan dalam rangka mewujudkan Samarinda sebagai Kota layak anak dapat terealisasikan," harapnya.

Lanjut dia, selama tiga tahun belakangan ini Samarinda berada pada posisi KLA kategori Madya. Hanya satu langkah lagi untuk untuk menuju KLA kategori utama.

"Pemerintah kota akan terus bersemangat dalam rangka memastikan semua terpenuhi hak-haknya dari semua hal-hal yang negatif, oleh karena itu infrastruktur dari sekolah/madrasah, puskesmas, rumah ibadah dan semua yang terkait dengan fasilitas kita yang ramah anak," pungkasnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkot-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN