Jumat, 17 Mei 2024 09:59 WIB

Advetorial

Dispar Kukar Sambut Kedatangan SIPA Melalui Welcome Dinner

Redaktur: Redaksi
| 100 views

Persembahan salah satu tarian pada acara welcome dinner (Istimewa)

Kukar, Afiliasi.net - Sejumlah pelaku seni Tari yang masuk kedalam Solo International Arts (SIPA) tiba di Kukar, dalam rangka memeriahkan pelaksanaan Festival Topeng Nusantara 2023.

SIPA tersebut disambut oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, yang dirangkai dengan welcome dinner Festival Topeng Nusantara, di Kedaton Kukar, Rabu (8/11/2023) malam.

Pada welcome dinner tersebut juga dihadiri dari pihak Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Kepala Dislar Kukar Slamet Hadiraharjo mengatakan, pelaksanaan festival Topeng Nusantara dilaksanakan pada 9-11 November 2023, di Taman Kota Raja.

Pada festival tersebut juga, pastinya melibatkan pelaku seni Tari Topeng Kutai, dan pelaku ekraf lainnya.

"Kita juga melibatkan pelaku seni Tari Topeng Kutai, maupun pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kukar," kata Slamet Hadiraharjo.

Ia menyebutkan, tujuan dari festival Topeng Nusantara ialah, memperkenalkan atau mempromosikan tari Topeng Kutai. Sehingga tari Topeng Kutai bisa terkenal hingga kancah internasional.

"Kita ingin memperkenalkan seni Tari Topeng Kutai lewat Festival Topeng Nusantara, ini merupakan bagian dari mempromosikan Tari Topeng Lokal pada tingkat internasional," sebutnya.

Pada kesempatan itu, SIPA Solo memberikan penawaran kepada Kukar, khususnya pelaku seni Tari untuk dapat bergabung ke dalam grup SIPA.

"Ini merupakan kesempatan bagi kita, untuk memperkanlkan seni Tari agar dikenal lebih luas lagi," ujarnya.

Kerabat Kesultanan Dedy menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah melalui Dispar, yang menggelar Festival Topeng Nusantara.

"Upaya yang dilakukan oleh Dispar Kukar sudah tepat, dengan tujuan melestarikan kesenian yang ada di Kutai, dan ini bagian ajang promosi tari daerah kita," ungkap Dedy.

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #festival-topeng-nusantara #tari-topeng-kutai #sipa 

Berita Terkait

IKLAN