Jumat, 17 Mei 2024 10:37 WIB

Advetorial

Hadiri Genta Nusantara III Rendi Solihin Komitmen Lestarikan Budaya dan Kearifan Lokal

Redaktur: Redaksi
| 217 views

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin l. Saat menghadiri Genta Nusantara III di Bali (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net  - Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin turut menghadiri Genta Nusantara III di Bali. Kegiatan yang turut menghadirkan perwakilan seniman budaya dari seluruh daerah di Indonesia ini digelar pada 2-5 November 2023.

Mengusung tema "Keluhuran Nusantara", Rendi menyebutkan salah satu tujuan gelaran Genta Nusantara III adalah untuk menyamakan persepsi mengenai pelestarian seni budaya dan kearifan lokal di setiap daerah.

Dengan materi acara meliputi temu budaya, pementasan seni pertunjukan, karnaval seni Wayang, pameran ekonomi kreatif khas Yogyakarta dan eduwisata toleransi.

“Jadi kegiatan Genta Nusantara ini berisikan empat agenda, yakni temu budaya, seni pertunjukan, pameran UMKM, dan kegiatan kepariwisataan visit to Puja Mandala," kata Rendi.

Ia mengatakan, Kukar menjadi salah satu daerah yang mendapatkan perhatian besar di acara tersebut. Hal ini tak terlepas dari adanya Ibu Kota Nusantara (IKN) yang dibangun di atas wilayah Kukar.

Dalam gelaran ini, salah satu kelompok musik tradisional asal Kukar juga turut mendapatkan kesempatan untuk tampil menjadi salah satu pengisi acara di Genta Nusantara III.

Rendi menegaskan, Kukar berkomitmen untuk terus menjaga kebudayaan dan kearifan lokal tetap bertahan. "Kebudayaan adalah identitas suatu daerah, sudah seharusnya ini dijaga untuk tetap lestari," tegasnya. (Adv)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #rendi-solihin #genta-nusantara #ikn #dispar-kukar 

Berita Terkait

IKLAN