Jumat, 17 Mei 2024 01:54 WIB

Advetorial

Kenalkan Tari Topeng Kutai Lewat Festival Topeng Nusantara 2023

Redaktur: Redaksi
| 129 views

Poster Festival Topeng Nusantara 2023

Kukar, Afiliasi.net - Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar akan menggelar Festival Topeng Nusantara 2023, di Taman Kota Raja Tenggarong.

Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo mengatakan, festival tersebut digelar sejak 9-11 November 2023, yang bertujuan sebagai upaya melestarikan dan mempromosikan tari Topeng Kutai.

"Kita mengusung tema Mystical Topeng Nusantara. Karena pelaku seni Tari Topeng tidak hanya Kukar aja, melainkan kita bekerjasama dengan Solo International Performing Arts (SIPA), untuk memeriahkan festival tersebut," kata Slamet Hadiraharjo, Senin (9/11/2023).

Lanjut dia, adapun pelaku seni Tari Topeng yang terlibat yaitu dari Solo, Cirebon dan lainnya. Dengan adanya festival tersebut dapat memperkenalkan tari Topeng Kutai lebih luas lagi, dan tari Topeng Kutai juga luar biasa menariknya.

"Kita juga bisa melihat Tari Topeng Kutai pada saat acara  budaya, seperti erau adat," ucapnya.

Ia menyebutkan, festival tersebut juga melibatkan pelaku seni, dan pelaku UMKM. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang kepada meraka.

Slamet berharap, dengan digelarnya festival Topeng Nsantara nantinya dapat memberikan multiplayer effect, khususnya kepada pelaku UMKM.

"Semoga setiap event yang kita laksanakan, berdampak juga terhadap pelaku UMKM khususnya untuk peningkatan ekonomi mereka," ungkapnya.

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #festival-topeng-nusantara #taman-kota-raja-tenggarong #tari-topeng-kutai 

Berita Terkait

IKLAN