Jumat, 17 Mei 2024 12:48 WIB

Advetorial

Dispar Kukar Gelar Festival Topeng Nusantara 2023

Redaktur: Redaksi
| 102 views

Suasana pembukaan Festival Topeng Nusantara 2023 (Istimewa)

Kukar, Afiliasi.net - Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar resmi membuka Festival Topeng Nusantara 2023, di Taman Kota Raja Tenggarong, Kamis (9/11/2023).

Festival tersebut mengusung tema 'Mystical Mask Of Nusantara', yang berlangsung sejak 9-11 November 2023. Dan bekerjasama dengan Solo Intenational Performe Arts (SIPA).

Ia mengatakan, festival tersebut bertujuan untuk mempromosikan atau memperkenalkan Tari Topeng Kutai lebih luas. Dan hal ini juga bagian dari melestarikan Tari Topeng Kutai.

"Ini upaya kita untuk melestarikan budaya khususnya Tari Topeng Kutai," ucap Slamet Hadiraharjo.

Lanjut dia, pada festival tersebut melibatkan sejumlah pelaku seni Tari yang berasala dari berbagai daerah diantaranya Solo, Cirebon, dan Ponorogo. Di Kukar juga mempunyai Tari Topeng yang tak kalah menarikanya dengan daerah lainnya.

"Kita memiliki pelaku seni dari komunitas Sangko Piatu, Lentera dan lainnya," sebutnya.

Ia meyakini dengan digelarnya festival tersebut dapat menarik perhatian masyarakat, untuk menyaksikan seni pertunjukan seni Tari, yang dikemas dalam Festival Topeng Nusantara.

Festival tersebut juga bagian dari memberikan ruang kepada pelaku atau komunitas seni Tari yang ada di Kukar, agar mereka dapat menyalurkan bakat atau kemampuannya dalam rangka melestarikan budaya.

"Kami berharap, kedepan festival tersebut bisa lebih meriah dengan menambah delegasi pelaku seni tari, dan festival ini bisa berlangsung dengan baik," pungkasnya.

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #festival-topeng-nusantara #tari-topeng-kutai #sipa 

Berita Terkait

IKLAN