Minggu, 28 April 2024 01:57 WIB

Advetorial

Dinilai Tak Perhatikan Keterwakilan Masyarakat, Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas'ud Kritisi UU IKN

Redaktur: Redaksi
| 73 views

Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas'ud

Samarinda, Afiliasi.net - Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas'ud kritisi Rancangan Undang-udang (RUU) Perubahan UU Nomor 3 Tentang Ibu Kota Negara (IKN). Dia menilai UU tersebut tidak memperhatikan keterwakilan masyarakat Bumi Etam di IKN.

Hal ini ia sampaikan dalam dialog pembahasan RUU tersebut antara pemerintah pusat dan daerah, belum lama ini. Ia menilai bahwa tata kelola pemerintahan di IKN tidak adil karena tidak melibatkan wakil DPRD kabupaten/kota dan provinsi, melainkan hanya DPR RI.

“Bagaimana keterwakilan masyarakat Kaltim di IKN? Apakah ada forum yang setara dengan DPRD provinsi yang bisa mewakili kepentingan daerah?” tegas Hasanuddin Mas’ud.

Politisi Golkar ini membandingkan dengan DKI Jakarta yang memiliki DPRD provinsi, walaupun tidak memiliki DPRD tingkat kota. 

Hasanuddin juga menyoroti rencana pembentukan wadah yang mirip dengan lembaga yang mewakili masyarakat Kaltim di IKN. Dia mengaku belum mendapat penjelasan tentang konsep dan mekanisme pembentukannya.

“Kami masih menunggu penjelasan dari pemerintah pusat, bagaimana wadah itu akan dibentuk dan berfungsi. Kami harap ada keterlibatan dan keterbukaan dalam prosesnya,” tutupnya. (editor: jon)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dprd-kaltim #uu-ikn 

Berita Terkait

IKLAN