Minggu, 28 April 2024 07:51 WIB

Advetorial

Komisi IV DPRD Kaltim Nilai Dampak Terkena TBC Sangat Berpengaruh Terhadap Kondisi Ekonomi

Redaktur: Redaksi
| 101 views

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati

Samarinda, Afiliasi.net - Komisi IV DPRD Kaltim mengimbau masyarakat agar terhindar dari penyakit Tuberkulosis (TBC). Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Puji Setyowati mengatakan penyakit TBC, jika seseorang sudah terjangkit penyakit dapat menggangu sendi kehidupan. Seseorang yang sakit akibat TBC berpotensi tidak dapat bekerja. Sehingga menggangu perekonomian orang tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Puji Setyowati, Anggota DPRD Kaltim dari Fraksi Partai Demokrat, dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lalu. 

“Penyakit TBC ini bisa menimpa masyarakat dari berbagai kalangan, baik kelas menengah ke bawah maupun ke atas. Jika salah satu anggota keluarga terkena TBC, secara perlahan-lahan ekonomi keluarga akan hancur, karena tidak bisa bekerja,” kata Puji.

Puji menekankan pentingnya edukasi dari pemerintah untuk mencegah penyebaran penyakit ini. Ia berharap agar masyarakat bisa bekerja sama dengan pemerintah dalam hal ini.

“Karena itu, perlu adanya pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Puji juga menyampaikan bahwa pemerintah telah menyediakan fasilitas kesehatan di tingkat bawah, seperti puskesmas, untuk membantu masyarakat yang terinfeksi penyakit TBC. Pemerintah juga akan memberikan obat gratis selama enam bulan dan mengontrol perkembangan kesehatan penderita.

“Peran Puskesmas sangat penting. Obat TBC itu akan diberikan gratis selama enam bulan, kemudian pemerintah akan mengontrol dampak positifnya,” tutupnya. (editor: jon)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dprd-kaltim #tbc 

Berita Terkait

IKLAN