Minggu, 28 April 2024 07:38 WIB

Advetorial

Danau Kumbara, Destinasi Wisata Eks Tambang Batu Bara di Kukar

Redaktur: Redaksi
| 40 views

Wisata Danau Kumbara. (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Sebuah danau eks tambang batu bara di Desa Kota Bangun III, Kecamatan Kota Bangun Darat, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, kini menjadi destinasi wisata yang menarik. Danau Kumbara, begitu nama danau tersebut, menawarkan keindahan alam, kesegaran udara dan berbagai aktivitas seru bagi para pengunjung.

Danau Kumbara merupakan bekas kolam tambang perusahaan batu bara yang beroperasi di kawasan desa tersebut. Kolam tambang itu kemudian diserahkan kepada pemerintah desa setempat, yang lalu menyulapnya menjadi tempat wisata. Di dalam danau, terdapat berbagai jenis ikan seperti mas, patin, nila merah dan koi yang hidup bersama.

Pengunjung yang datang ke Danau Kumbara dikenakan biaya masuk sebesar Rp5 ribu untuk dewasa dan gratis untuk anak kecil. Di sekitar danau, terdapat sejumlah gazebo berkonstruksi kayu yang bisa digunakan untuk bersantai.

Selain itu, juga terdapat tanaman buah seperti jambu air dan jambu kristal yang menambah keasrian danau.

Selain menikmati pemandangan danau, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas lain seperti bermain air dengan menaiki kapal, memancing, berkemah atau mengunjungi desa-desa sekitar.

Salah satu perusahaan yang beroperasi di kawasan desa tersebut juga turut membantu pengembangan wisata Danau Kumbara dengan memberikan bibit tanaman buah.

Untuk mengisi perut, pengunjung juga bisa menikmati berbagai olahan makanan yang disajikan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sekitar danau. Makanan-makanan tersebut antara lain adalah mie ayam goreng, soto ayam, nasi goreng dan lain-lain.

Salah satu pengunjung Danau Kumbara, Rabiatul Adawiyah, mengatakan bahwa ia merasa nyaman dan tenang di danau tersebut. Ia menyempatkan diri untuk mengunjungi wisata itu setelah menyelesaikan berbagai aktivitas di MTQ Kabupaten Kukar.

“Tempat wisatanya indah dan buat nyaman, apalagi pas panas kita bisa berlindung di gazebo itu,” kata wanita yang disapa Biya.

Biya juga menyarankan kepada para pengunjung untuk membawa perlengkapan piknik, seperti keranjang, tikar dan makanan.

“Teman-teman yang mau berkunjung kesini, jangan lupa ya bawa tempat yang ala-ala aesthetic begitu, cocok untuk piknik,” ujarnya.

Danau Kumbara berjarak sekitar satu kilometer dari jalan besar. Untuk menuju lokasi, pengunjung harus melewati gang yang dikelilingi oleh perkebunan milik warga sekitar. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #pariwisata-kukar #wisata-alam #wisata-danau-kumbara #sulap-lahan-eks-tambang 

Berita Terkait

IKLAN