Minggu, 28 April 2024 07:56 WIB

Advetorial

Desa Kota Bangun III Miliki Potensi Pariwisata

Redaktur: Redaksi
| 245 views

Suasana Wisata Danau Kumbara di Desa Kota Bangun III (Istimewa)

Kutai Kartanegara, Afiliasi.net - Desa Kota Bangun III yang berada di Kecamatan Kota Bangun, Kukar, memiliki potensi sektor pariwisata, salah satunya yakni wisata danau Kumbara.

Camat Kota Bangun Darat Zulkifli mengatakan, wisata danau kumbara tersebut memanfaatkan lubangeks tambang batu bara. Wisata tersebut merupakan wisata unggulan di desa tersebut, karena tak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Danau Kumbara.

"Wisata danau Kumbara telah dikelola oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis)," kata Zulkifli, Senin (13/11/2023).

Lanjut dia, danau Kumbara tersebut juga menjadi sumber air bersih bagi masyarakat sekitar, Kadar air di Danau Kumbara sudah diperiksa oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) dan Sumber Daya Air (SDM).

"Hasilnya secara biologi dan kimiawi  sangat baik untuk air minum atau PDAM," ungkapnya.

Dirinya berharap, wisata danau kumbara dapat dikelola dengan baik, sehingga dapat memikat daya tarik pengunjung, untuk datang ke desa Kota Bangun III.

"Jika kunjungam wisatawan meningkat, pastinya terjadi juga peningkatan ekonomi masyarakat," ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar Slamet Hadiraharjo sangat mendukung terkait adanya potensi wisata yang ada di desa atau kelurahan, baik itu dikelola oleh pokdarwis, pokmas, maupun lainnya.

“Kami dukung asal pengelola wisata tersebut melakukan koordinasi terlebih dahulu, sehingga memberikan manfaat juga kepada daerah," ujar Slamet Hadiraharjo. 

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #wisata-danau-kumbara #pariwisata 

Berita Terkait

IKLAN