Selasa, 14 Mei 2024 02:01 WIB

Advetorial

Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Kukar Naik 2 Persen Berkat Kukar Festival

Redaktur: Redaksi
| 42 views

Pengunjung Festival Kukar (Istimewa)

 

TENGGARONG, Afiliasi.net - Kukar Festival menjadi salah satu program unggulan Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) dalam mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah tersebut. Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadiraharjo, mengatakan bahwa Kukar Festival tidak hanya sebagai ajang hiburan, tetapi juga sebagai sarana pemberdayaan bagi pelaku seni, vendor produksi, dan UMKM yang terlibat.

“Kukar Festival adalah bagian dari program dedikasi yang ada dalam RPJMD. Dari target 100 festival, kita sudah melaksanakan 70 sampai 80 festival dalam setahun, baik yang kita adakan sendiri maupun yang kita fasilitasi dan biayai,” kata Slamet, Jumat (16/11/2023).

Slamet menjelaskan, Kukar telah ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai kabupaten/kota kreatif yang memiliki 17 sektor kreatif yang dapat dikembangkan. Salah satunya adalah sektor pariwisata, yang menjadi fokus dari Kukar Festival. Ia mengatakan, dengan mengadakan festival-festival di berbagai desa di Kukar, pihaknya berharap dapat meningkatkan ekonomi daerah dan memberdayakan masyarakat lokal.

“Kita ingin meratakan pembangunan pariwisata di Kukar, jadi kita adakan festival di desa-desa. Desa mengadakan sendiri, kita bantu sesuai anggaran. Kita juga sudah fasilitasi UMKM dari event-event yang kita adakan, sesuai dengan indikator kerja kita,” ucapnya.

Ia mengaku, kegiatan Kukar Festival telah memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi kreatif di daerah tersebut. Ia menyebutkan, berdasarkan data yang ada, ekonomi kreatif di Kukar mengalami kenaikan sekitar 2 persen.

“Sektor pariwisata banyak, yang penting akhirnya ada peningkatan ekonomi kreatif sekitar 2 persen,” tandasnya. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #kukar-festival #ekonomi-kreatif #edi-damansyah #rendi-solihin 

Berita Terkait

IKLAN