Selasa, 30 April 2024 02:54 WIB

Advetorial

Pinjam Buku Makin Mudah Dengan Layanan OPAC Perpustakaan Samarinda

Redaktur: Redaksi
| 41 views

Perpustakaan Kota Samarinda. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda terus berupaya mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital untuk mendorong kemajuan di berbagai sektor. Melalui Perpustakaan Daerah Kota Samarinda, pemerintah daerah baru-baru ini meluncurkan sistem Organized Public Access Catalog (OPAC) yang akan memudahkan pengunjung dalam mencari serta meminjam buku.

Kepala Bidang Pengolahan Layanan dan Pelestarian Bahan Pustaka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Samarinda, Edy Wakhyudi menuturkan, upaya ini dilakukan untuk meningkatkan pengalaman pengunjung melalui layanan berbasis digital serta sebagai bentuk efisiensi manajemen.

Ia menambahkan, hadirnya OPAC telah mengubah peran dan fungsi perpustakaan di era digital ini. Dari yang awalnya hanya tempat penyimpanan buku, kini juga sebagai pusat informasi modern dan terkoneksi.

"Dengan beragam judul buku yang kami miliki, OPAC memungkinkan pengunjung untuk dengan mudah menemukan buku yang mereka cari, cukup dengan menulis nama pengarang dan mengetahui tahun terbitnya," ujarnya, Kamis (16/11/2023).

Sebelumnya, perpustakaan mengandalkan sistem pencatatan peminjaman buku secara manual dengan menggunakan kartu. Kini, dengan menerapkan OPAC, proses peminjaman menjadi lebih efisien dan akses lebih mudah.

"OPAC memungkinkan kami mengelola peminjaman dan pengembalian buku secara digital, membuatnya lebih cepat dan akurat," tambah Edy.

Dengan adanya aplikasi OPAC, Edy berharap layanan ini akan semakin mempermudah pengunjung dan memberikan manfaat bagi pengelola perpustakaan dalam mengelola arsip buku.

"Pengelola dapat dengan mudah melacak inventaris, mengorganisir buku berdasarkan kategori, dan mengelola informasi peminjaman dengan lebih baik," ungkapnya.

Dengan kemajuan teknologi ini, pengunjung sekarang dapat mencari buku, melihat ketersediaan, bahkan meminjam buku melalui aplikasi tanpa harus datang ke perpustakaan.

"Ini adalah langkah menuju perpustakaan yang lebih modern, responsif, dan memenuhi kebutuhan masyarakat di era digital ini," pungkas Edy. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #perpustakaan-samarinda #pemkot-samarinda #cara-meminjam-buka 

Berita Terkait

IKLAN