Senin, 06 Mei 2024 11:16 WIB

Advetorial

Wisata Budaya di Kukar Jadi Prioritas Dispar

Redaktur: Redaksi
| 50 views

Pertunjukan Tari dari Suku Dayak (Istimewa)

 

Tenggarong, Afiliasi.net - Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya melestarikan dan mengembangkan wisata budaya di daerahnya. Ada tiga lokasi wisata budaya yang menjadi prioritas, yakni Lung Anai, Desa Budaya Sungai Bawang, dan Dermaga Desa Budaya Lekaq Kidau.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadiraharjo. Ia mengatakan, wisata budaya memiliki potensi besar untuk menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

“Kita harus melestarikan dan semuanya kita dorong untuk terus berjalan. Kita pengen mendampingi supaya masyarakat dapat mengembangkan adat budayanya,” kata Slamet, Jumat (17/11/2023).

Slamet menjelaskan, ia juga bertanggung jawab untuk mendampingi adat budaya desa-desa, seperti keraton yang sekarang dengan museumnya. Ia mengaku, keraton yang sudah menjadi kewenangan provinsi masih eksis sampai sekarang.

“Jadi saya mencoba komunikasi dengan kerabat kesultanan, untuk mencoba membuat pendopo kesultanan agar jadi cagar wisata. Agar ada kesenian disitu, apakah tari disitu, agar bisa dinikmati masyarakat. Kita coba tahun depan,” ucapnya.

Dirinya mengungkapkan, ia baru masuk di Dispar Kukar tahun 2022. Ia menghadapi beberapa tantangan, salah satunya adalah menghidupkan kembali wisata budaya yang sempat vakum, seperti di Sungai Bawang.

“Sebagai contoh, di Sungai Bawang sempat vakum. Jadi tugas kita harus menghidupkan kembali. Kita harus memberikan motivasi dan bantuan kepada masyarakat setempat,” tuturnya.

Ia berharap, wisata budaya di Kukar dapat menjadi salah satu ikon pariwisata di daerah tersebut. Ia juga mengapresiasi dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat dalam mengembangkan sektor pariwisata.

“Kita berharap, wisata budaya ini bisa menjadi salah satu ikon pariwisata di Kukar. Kita juga berterima kasih kepada pemerintah daerah dan masyarakat yang sudah mendukung kita,” tandasnya.(Adv)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #lung-anai #desa-budaya-sungai-bawang #dermaga-desa-budaya-lekaq-kidau #edi-damansyah #rendi-solihin 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler