Jumat, 03 Mei 2024 02:52 WIB

Advetorial

Desa Sumber Sari, Desa Wisata Mandiri yang Dibina Melalui Pelatihan Pariwisata Dispar Kukar

Redaktur: Redaksi
| 46 views

Pelatihan Pokdarwis Se-Kukar (Istimewa)

 

Tenggarong, Afiliasi.net - Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya mengembangkan potensi pariwisata di wilayahnya. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan mengadakan pelatihan bagi 53 kelompok sadar wisata (Pokdarwis) se-Kukar.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kewirausahaan masyarakat di bidang pariwisata. Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Slamet Hadiraharjo, mengatakan bahwa masyarakat harus berinisiatif untuk mengembangkan destinasi wisata di daerahnya, tanpa bergantung pada investasi dari luar.

“Kita tidak bisa menunggu investor dari luar datang. Mereka tidak akan cocok dengan karakter masyarakat kita. Kita harus mandiri dan kreatif dalam mengelola potensi wisata kita,” kata Slamet, Jumat (17/11/2023).

Slamet mencontohkan Desa Sumber Sari, yang menjadi salah satu desa wisata unggulan di Kukar. Desa ini kedepan akan memiliki konsep kampung inggris, yang menawarkan fasilitas belajar bahasa inggris bagi wisatawan lokal maupun asing.

Selain itu, desa ini juga memiliki Pokdarwis Dewi Arum, yang aktif menjalankan berbagai kegiatan wisata, seperti bersepeda, berkemah, dan berkebun. Pokdarwis ini telah mendapatkan bantuan dari Pemkab Kukar berupa sepeda, kemah glamping, dan kemah biasa.

“Kami berharap bantuan ini dapat menjadi modal bagi Pokdarwis untuk mengembangkan wisata mereka. Kami juga berharap desa ini dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakatnya,” ujar Slamet.

Slamet mengatakan, Desa Sumber Sari dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain yang memiliki potensi pariwisata. Ia juga mengajak masyarakat untuk mendukung program pengembangan pariwisata di Kukar.

“Kita harus bersama-sama membangun pariwisata di Kukar, karena ini akan memberikan dampak positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Kita harus menjaga dan melestarikan potensi wisata kita agar tetap lestari dan berkualitas,” tutupnya. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #pelatihan-pokdarwis-se-kukar #desa-sumber-sari #desa-wisata-mandiri #edi-damansyah #rendi-solihin 

Berita Terkait

IKLAN