Senin, 29 April 2024 06:21 WIB

Lifestyle

Pecinta Gorengan Wajib Tau, Berikut Tips Agar Makan Gorengan Lebih Sehat

Redaktur: Siti Mu'ayyadah
| 129 views

Proses Menggoreng Makanan (Pexels)

Afiliasi.net - Gorengngan merupakan makanan yang menjadi favorit mayoritas masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikarenakan rasanya yang gurih serta jenis gorengan yang beragam.

Akan tetapi dibalik kenikmatan gorengan, terdapat ancaman yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Melansir dari Laman resmi Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI), makan gorengan dapat menimbulkan penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, diabetes, hingga obesitas. 

Ancaman penyakit tersebut berasal dari kandungan yang ada di dalam gorengan. Terdapat lemak trans yang meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik pada tubuh. 

Maka dari itu, masyarakat dianjurkan untuk membatasi konsumsi gorengan. Akan tetapi, bagi yang masih ingin menikmatinya, berikut beberapa saran dalam mengolah gorengan:

 

1. Mengganti Minyak dengan Minyak yang Lebih Sehat.

Menggunakan jenis minyak yang lebih sehat dapat mengurangi resiko bahaya pada makanan yang digoreng. Terdapat beberapa jenis minyak yang doaat digunakan seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak alpukat.

Hal yang perlu diperhatikan juga adalah penggunaan minuak yang berulang. Agar lebih sehat, minyak hanya boleh digunakan dalam satu kali goreng.

 

2. Memperhatikan Cara Menggoreng

Disarankan dalam menggoreng makanan, suhu minyak mencapai 176-190°C. Hal tersebut akan membuat makanan yang digoreng tidak menyerap banyak minyak. 

Selain itu suhu minyak yang terlalu tinggi dapat menghasilkanradika bebas yang buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Sedangkan suhu telalu rendah, akan menyebabkan minyak meresap ke dalam makanan.

Agar makanan yang telah digoreng tidak terlalu berminyak, disarankan pula untuk meniriskan makanan dengan tisu kertas agar minyak yang berlebih pada permukaan makanan dapat diserap.

3. Mengganti Cara Memasak

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghindari resiko penyakit bahaya dari gorengan adalag mengganti cara memasak. Daripada menggoreng, cobalah untuk memanggangnya. Hasil makanan yang diolah dengan cara tersebut tidak kalah enaknya dengan yang digoreng. Lapisi makanan dengan bumbu-bumbu agar makanan lebih lezat.

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #makan-gorengan #tips-menggoreng-sehat #makan-sehat 

Berita Terkait

IKLAN