Jumat, 03 Mei 2024 12:49 WIB

Advetorial

Tiga Danau di Kukar Jadi Prioritas Pembangunan Pariwisata Kaltim

Redaktur: Redaksi
| 41 views

Ilustrasi danau di Kukar. (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Tiga danau di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi usulan pembangunan prioritas dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Provinsi Kalimantan Timur 2025-2045. Tiga danau tersebut adalah Danau Melintang, Jempang, dan Semayang.

Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian Pembangunan Daerah (P3D) Bappeda Kukar, Saiful Bahri, mengatakan tiga danau itu memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata bertaraf internasional.

“Kita juga ingin destinasi pariwisata di Kukar bertarap internasional,” ujarnya, Rabu (22/11/2023).

Menurut Saiful, tiga danau itu menawarkan pemandangan yang indah dan kekayaan alam yang unik, seperti mamalia endemik pesut Mahakam.

“Kami sangat optimis sektor pariwisata di Kukar nanti makin maju dan berkembang, pastinya diperlukan kolaborasi yang baik bersama sejumlah stakeholder,” katanya.

Ia menambahkan, rencana pembangunan pariwisata di tiga danau itu menjadi program dedikasi Pemerintah Provinsi Kaltim. “Pastinya pemerintah daerah sangat mendukung program Pemprov Kaltim tersebut,” tuturnya.

Ia berharap tiga danau tersebut bisa menjadi destinasi wisata yang bertarap internasional. Meski pun danau Jempang berbatasan dengan Kutai Barat (Kubar).

“Kami juga di daerah rutin melakukan penguatan SDM kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis),” pungkasnya. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #pariwisata-kukar #rpjp-kaltim #danau-kukar 

Berita Terkait

IKLAN