Kamis, 02 Mei 2024 11:32 WIB

Advetorial

Bukit Mahoni, Ekowisata Pohon Raksasa di Kukar

Redaktur: Redaksi
| 43 views

Wisata Alam Bukit Mahoni. (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Bukit Mahoni di Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi destinasi wisata baru yang menawarkan pemandangan alam yang hijau dan sejuk. Kawasan seluas 1 hektare ini ditumbuhi oleh pohon-pohon Mahoni berusia 35 tahun yang mencapai ketinggian hingga 20 meter.

Bukit Mahoni dibuka sebagai objek wisata pada Maret 2023 oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi. Menurutnya, ekowisata ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Kaltim bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Untuk mengunjungi Bukit Mahoni, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5 ribu. Di dalam kawasan wisata, pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang asri dan segar, berjalan-jalan di antara pohon-pohon raksasa, berfoto-foto, atau bersantai di gazebo-gazebo yang tersedia. Pengunjung juga bisa melihat peternakan lebah dan perkebunan buah-buahan yang ada di sekitar Bukit Mahoni.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas Kaltim yang disajikan oleh stan-stan UMKM yang berada di area wisata. Stan-stan UMKM ini melibatkan warga setempat yang berusaha mengembangkan usaha mereka dengan memanfaatkan potensi wisata. Beberapa menu yang bisa dicoba antara lain soto banjar, nasi kuning, pisang goreng, dan es kelapa muda.

Bukit Mahoni bisa dijangkau dengan mudah dari Samarinda, karena jaraknya hanya sekitar 30 kilometer. Akses jalan menuju Bukit Mahoni juga sudah bagus dan beraspal. Jadi, jika ingin berlibur ke tempat wisata alam yang menawarkan pesona pohon raksasa, Bukit Mahoni bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mentari Desa Bangun Rejo, Lucky Purwanti mengatakan dari awal dibukanya wisata ini telah memiliki komitmen untuk memajukan desa.

“Dukungan juga datang dari Dispar Kukar, yang senantiasa membimbing dan mengarahkan kami. Sehingga, kami terlibat dalam berbagai pelatihan tentang wisata,” ungkap Lucky, Kamis (23/11/2023).

Keterlibatannya dalam berbagai pelatihan, membuat ia memiliki bekal dan ide kreatif dalam mengembangkan Bukit Mahoni.

“Saat ini kami terus menambah fasilitas, agar lebih memudahkan pengunjung, tak hanya menambahkan kami juga kreasikan dengan menambah tanaman, kesan aesthetic juga kami berikan,” tuturnya. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #ekowisata-kukar #pariwisata-kukar #bukit-mahoni #desa-bangun-rejo-tenggarong-seberang #wisata-alam-bukit-mahoni 

Berita Terkait

IKLAN