Jumat, 03 Mei 2024 05:05 WIB

Advetorial

Pesona Gua Kelelawar dan Gua Air di Hutan Pegunungan Desa Sedulang

Redaktur: Redaksi
| 42 views

Pesona Gua Kelelawar dan Gua Air di Hutan Pegunungan Desa Sedulang. (istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Hutan pegunungan Desa Sedulang, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, menyimpan pesona alam yang masih alami. Di dalamnya terdapat beberapa gua yang saling terhubung di sepanjang deretan pegunungan Karst. Dua di antaranya adalah Gua Kelelawar dan Gua Air yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Gua Kelelawar dan Gua Air berada di ketinggian sekitar 100 Mdpl. Untuk mencapai lokasi gua, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 30 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Kutai Kartanegara di Kecamatan Tenggarong. Jalan menuju gua cukup menantang, karena harus melewati tanjakan dan turunan yang curam.

Gua Kelelawar memiliki mulut gua yang lebar sekitar delapan meter. Namun, di bagian dalam gua sangat luas dan terdapat ribuan kelelawar yang bergelantungan di langit-langit. Gua ini juga memiliki stalaktit dan stalagmit batu kapur warna putih yang memukau.

“Di depan mulut gua terdapat sebuah batu dengan ketinggian 1,5 meter. Batu itu serasa menjadi penjaga pintu masuk bagi warga atau pengunjung yang ingin masuk ke dalam gua. Oleh warga sekitar, di depan batu ini biasanya diletakan beberapa sesajen, karena banyak sekali cerita mistis di Gua Kelelawar ini,” kata Harpiah, Kamis (23/11/2023).

Gua Air berjarak sekitar 200 meter dari Gua Kelelawar. Gua ini memiliki mulut gua yang lebih luas dan aliran sungai yang sangat kencang di dalamnya. Bau khas kotoran kelelawar juga tercium dari dalam gua. Gua ini juga memiliki hamparan batu stalagmit yang tersusun rapi di langit-langit gua.

“Meski banyak lumut yang menutupi batu, namun rasa ingin tahu dan keinginan menjelajahi gua ini menutupi rasa takut yang kita rasakan. Apalagi pengunjung lain juga sangat antusias untuk masuk ke dalam gua yang lebih lebar, lebih tinggi, dan lebih luas dari Gua Kelelawar,” ujarnya.

Sungai yang mengalir di dalam Gua Air diyakini bermuara di sungai Mahakam. Gua ini memiliki panjang sekitar satu kilometer dan masih banyak misteri yang belum terungkap di dalamnya.

Gua Kelelawar dan Gua Air merupakan salah satu potensi wisata alam yang layak dikunjungi di Kabupaten Kutai Kartanegara. Gua-gua ini menyimpan keindahan dan keunikan yang jarang ditemukan di tempat lain. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #pariwisata-kukar #desa-sedulang-sebulu #gua-kelelawar #gua-air #wisata-alam-kukar 

Berita Terkait

IKLAN