Kamis, 02 Mei 2024 05:12 WIB

Advetorial

Adwindo Kukar Siap Manfaatkan Peluang Pariwisata dari IKN Nusantara

Redaktur: Redaksi
| 54 views

Pembukaan Acara (Istimewa)

 

TENGGARONG, Afiliasi.net - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur membuka peluang besar bagi sektor pariwisata di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) Kukar berupaya mempromosikan wisata di Kukar sebagai mitra Dinas Pariwisata Kukar.

Ketua Adwindo Kukar, Catur Sefti Nanda Palinggi, mengatakan bahwa Kukar akan mendapat eksposur dari megaproyek IKN Nusantara. 

“Ini market yang empuk, kita harus bisa menyerap peluang ini semaksimal mungkin dan mengkonversi menjadi nilai ekonomis yang lebih,” ujar Catur, Jumat, (24/11/2023).

Catur menambahkan bahwa pembangunan pariwisata di Kukar juga sejalan dengan konsep ekowisata yang dicanangkan oleh pemerintah provinsi. Ekowisata adalah pariwisata yang berbasis alam dan budaya lokal, dengan memberikan pengalaman menjelajah dan merasakan kehidupan masyarakat setempat.

Untuk itu, Adwindo Kukar gencar melakukan promosi budaya, wisata alam, dan wisata pendidikan.

“Dengan IKN kita punya pangsa pasar lebih luas, ini harus dimanfaatkan,” katanya.

Selain itu, Adwindo Kukar juga melakukan kolaborasi dengan beberapa komunitas dan organisasi anak muda di Kukar. Catur berharap bahwa sinergi ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas atraksi wisata di Kukar.

Catur juga menekankan perlunya peningkatan sumber daya manusia (SDM) di sektor pariwisata, khususnya pemandu wisata. Ia mengatakan bahwa Adwindo Kukar akan mengadakan pelatihan dan sertifikasi bagi pemandu wisata, agar mereka dapat memandu wisatawan dengan profesional dan hangat.

“Sehingga, potensi-potensi yang ada ini bisa dilihat dan diketahui lebih banyak orang. Pelatihan ini juga akan mengajarkan cara bagaimana menyambut wisatawan dengan hangat,” tandasnya. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #adwindo-kukar #ekowisata #edi-damansyah #rendi-solihin 

Berita Terkait

IKLAN