Kamis, 02 Mei 2024 05:22 WIB

Advetorial

Adwindo Kukar Apresiasi Desa Pela yang Raih ADWI 2022

Redaktur: Redaksi
| 42 views

Pemberian Penghargaan kepada Pemenang (Istimewa)

 

TENGGARONG, Afiliasi.net - Adwindo Kukar, asosiasi pengembang wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), memberikan apresiasi kepada Desa Pela yang berhasil meraih penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Penghargaan ini diberikan kepada desa wisata yang memiliki kinerja terbaik dalam pengembangan potensi wisata lokal.

Desa Pela merupakan salah satu desa wisata di Kukar yang terletak di Kecamatan Muara Wis, tepat di tepi Sungai Mahakam. Desa ini memiliki keunikan yaitu menjadi habitat pesut mahakam, fauna langka yang hanya bisa ditemukan di sungai tersebut. Pesut mahakam menjadi daya tarik wisata bagi para pengunjung yang ingin melihat langsung kehidupan hewan ini.

Namun, untuk menjaga kelestarian pesut mahakam, Desa Pela tidak tinggal diam. Sejak 2018, desa ini telah menerapkan peraturan larangan ilegal fishing, yaitu penangkapan ikan secara liar yang merusak ekosistem sungai. 

Selain itu, desa ini juga melarang penggunaan alat tangkap ikan modern yang bisa mengganggu pesut mahakam. Penduduk desa telah sepakat untuk menjaga kelestarian ikan air tawar yang menjadi makanan utama pesut mahakam.

“Kami sangat bangga dengan Desa Pela yang telah meraih penghargaan ADWI 2022. Ini menunjukkan bahwa desa wisata di Kukar memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Desa Pela bisa menjadi contoh dan pilot project bagi desa wisata lainnya di Kukar,” kata Ketua Adwindo Kukar, Catur Sefti Nanda Palinggi, Jumat (24/11/2023).

Catur menambahkan, pemerintah harus mendukung pengembangan desa wisata di Kukar dengan memberikan bantuan dan fasilitas yang dibutuhkan. Selain itu, pemerintah juga harus melestarikan kearifan lokal yang unik, yang bisa menjadi daya tarik wisata itu sendiri.

“Desa wisata adalah salah satu sektor yang bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Kami berharap, penghargaan ADWI 2022 ini bisa menjadi motivasi bagi desa wisata lainnya di Kukar untuk terus berinovasi dan berkreativitas,” tutupnya.(Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #adwindo-kukar #adwi-2022 #desa-pela #edi-damansyah #rendi-solihin 

Berita Terkait

IKLAN