Kamis, 02 Mei 2024 10:36 WIB

Advetorial

Kukar Promosikan Desa Wisata Kedang Ipil sebagai Destinasi Budaya dan Alam

Redaktur: Redaksi
| 32 views

Duta Wisata Kutai Kartanegara tahun 2010, Dwie Arum Maynina. (istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya mengembangkan potensi wisata daerahnya. Salah satu yang menjadi fokus adalah desa wisata Kedang Ipil yang memiliki nilai budaya dan alam yang menarik.

Dwie Arum Maynina, Duta Wisata Kukar tahun 2010, mengatakan bahwa desa wisata Kedang Ipil merupakan salah satu desa wisata yang ingin diperkenalkan kepada masyarakat luas. Desa ini memiliki keunikan budaya Dayak Kenyah yang masih terjaga, seperti upacara belian namang, olahraga tradisional, dan rumah panjang.

“Kedang Ipil juga mau dinaikkan juga karena kan punya nilai budaya yang sangat kental. Selain itu, ada juga objek wisata air terjun yang indah. Jadi selain ada budaya nya juga ada wisata alamnya,” kata Dwie, Jumat (24/11/2023).

Dwie menambahkan bahwa desa wisata Kedang Ipil juga akan dipersiapkan untuk mengikuti anugerah desa wisata yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat. Sebelumnya, desa wisata Pela yang berada di Kukar telah berhasil meraih anugerah desa wisata pada tahun 2019.

“Desa Pela sudah terkenal sebagai desa wisata di Indonesia. Nah, nanti cari lagi yang belum lagi nanti diikutkan lagi. Rencana-rencana nya sih potensi nya di Kedang Ipil,” ujarnya.

Ia mengaku bahwa dirinya dan rekan-rekan duta wisata lainnya juga terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang ada di desa wisata Kedang Ipil. Ia berharap bahwa desa wisata ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kukar.

“Kami juga ikut dalam kegiatan belian namang nya, ada lomba olahraga tradisional se-Kaltim nya juga. Kami ikut membantu teman-teman dari desa Kedang Ipil. Kami berharap desa wisata ini bisa lebih dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan,” tuturnya. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #desa-wisata-kedang-ipil #duta-wisata-kukar #dwie-arum-maynina 

Berita Terkait

IKLAN