Kamis, 02 Mei 2024 07:26 WIB

Advetorial

Dewi Belai, Destinasi Wisata Agro Berbasis Buah Elai di Kutai Kartanegara

Redaktur: Redaksi
| 44 views

Desa wisata buah Elai. (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Buah elai, salah satu jenis durian yang khas dan unik, menjadi daya tarik wisata agro di Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Desa ini memiliki potensi besar untuk mengembangkan wisata agro berbasis buah elai, yang diberi nama Dewi Belai. Dewi Belai adalah singkatan dari Desa Wisata Buah Elai.

Buah elai memiliki tekstur daging yang tidak basah, rasa yang lezat, dan aroma yang tidak menyengat. Buah ini cocok bagi mereka yang ingin menikmati durian tanpa terganggu dengan baunya.

“Elai sudah cukup terkenal di Kalimantan Timur. Durian jenis ini memiliki keunggulan dari sisi tekstur, cita rasa dan aroma yang tidak menyengat dibanding jenis durian lain,” kata Agus Priyono, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Batuah, Jumat (24/11/2023).

Menurut Agus, elai tumbuh subur dan tersebar di Desa Batuah. Selain itu, ada juga durian jenis mandong, yang merupakan persilangan alami dari elai dan durian.

Agus mengatakan, ia bersama pemerintah desa dan masyarakat sedang mengembangkan konsep Dewi Belai, yang mengajak wisatawan untuk menikmati keindahan dan kesegaran kebun elai milik warga, serta mencicipi buah elai yang lezat dan sehat.

“Konsep Dewi Belai sudah disiapkan sejak lama sebelum dicetuskan. Sebagai PPL yang sudah sangat dekat dengan warga, saya terus memberikan pembinaan dan motivasi agar warga mau mengembangkan kebun elai,” katanya.

Agus berharap, konsep Dewi Belai bisa terealisasi dalam waktu dekat. Ia mengaku, masih ada tantangan dalam mengedukasi masyarakat desa agar lebih mengenal dan mengembangkan potensi wisata di desanya.

“Mereka masih asing dengan apa itu wisata kebun, wisata agrowisata. Ini yang harus terus kita edukasi, sementara potensinya besar sekali,” tutupnya. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #dewi-belai #wisata-agro #buah-elai #pariwisata-kukar #desa-batuah-loa-janan #desa-wisata-buah-elai 

Berita Terkait

IKLAN